Palpitasi – Klasifikasi: PAC dan PVC

Setiap sel otot jantung memiliki potensi untuk membuat sinyal listrik yang dapat menyebar di luar jalur kelistrikan jantung yang normal dan berkumpul untuk mencoba menciptakan denyut jantung. Jika nodus SA gagal bekerja, maka sel-sel atrium lainnya akan mencoba mengambil alih fungsi nodus SA tersebut, lalu nodus AV dapat mengatasinya namun dengan denyut yang leibh rendah sekitar 40 kali permenit. Dan sebagai solusi akhir, ventrikel itu sendiri membuat kelistrikan jantung untuk mengatasi hal ini namun dengan denyut yang lebih rendah sekitar 20 kali permenit.

doktersehat-serangan-jantung-nyeri-dada

Jenis Palpitasi
Denyut jantung ekstra (tambahan) biasanya normal dan seringkali tidak disadari oleh individu.  Setiap sel otot di jantung memiliki potensi untuk menciptakan sinyal listrik yang dapat menyebar di luar jalur kelistrikan normal dan berkumpul untuk mencoba membuat denyut jantung. Banyak denyut jantung tambahan merupakan jenis yang normal dan dapat dianggap sebagai pacuan yang terjadi hanya sesekali, namun ada juga denyut jantung ekstra yang berbahaya, dapat berlangsung akut atau kronik. Denyut ekstra yang berasal dari atrium cenderung tidak seserius yang berasal dari ventrikel, karena atrium masih memompakan darahnya ke ventrikel, sedangkan tanggungjawab ventrikel adalah memompakan darah ke seluruh tubuh.

Denyut jantung abnormal diklasifikasikan berdasarkan lokasi asalnya, berdasarkan denyut jantung abnormal terjadi hanya seesekali atau terjadi dalam seatu waktu, dan berdasarkan apakah denyut abnormal itu reda sendiri (self-limiting).

PAC dan PVC
Premature atrial contraction (PAC/ kontraksi atrium prematur) hanyalah sebuah nama. Pacemaker atau nodus SA di atrium memutuskan untuk mengirimkan sinyal keluar sebelum jantung siap, dan ketika berkonduksi normal dan jantung berdetak, dada terasa seperti ada debaran ringan di dada.

Baca Juga:  Takikardi Supraventrikuler (SVT) - Penyebab dan Gejala

Situasi yang sama dapat terjadi pda ventrikel ketika ventrikel menjadi terangsang dan menimbulkan denyut ekstra, yang disebut sebagai kontraksi ventrikel prematur (PVC). Denyut ini merangsang ventrikel ketika ventrikel masih hanya terisi sedikit darah sehingga darah yang dipompakan ke seluruh tubuh tidak adekuat, dan ketika hal ini terjadi, maka dada seperti ada debaran ringan.

PAC dan PVC yang jarang terjadi, tanpa menimbulkan gejala, adalah merupakan varian yang normal dari palpitasi.