Kita Sering Melakukan Kesalahan Ini Saat Membuat Jus

DokterSehat.Com – Jus buah tentu akan sangat nikmat untuk kita konsumsi, apalagi di tengah siang hari yang terik dan panas. Kita bisa saja membeli jus buah ini di penjual yang tersedia di pinggir jalan atau membuatnya sendiri di rumah. Meskipun dilabeli dengan minuman yang sehat, dalam realitanya, kita sering melakukan kesalahan dalam membuat jus sehingga pada akhirnya minuman ini tidak benar-benar sehat untuk kita konsumsi. Apa sajakah kesalaha yang cukup sering kita lakukan saat membuat jus?

doktersehat-jus-buah-smoothies

Banyak Kandungan Gula

Kesalahan ini sangatlah umum dan bahkan hampir selalu terjadi andai kita membeli jus pada penjual jus dimana saja. Banyak dari kita yang tidak menyadari jika buah-buahan yang manis ini memiliki kandungan gula alami yang sudah cukup tinggi. Namun, kita bahkan masih menambahkan gula dalam jumlah yang cukup banyak, yang seringkali berupa gula cair agar jus ini bisa terasa lebih manis. Alhasil, kita akan mengkonsumsi jus yang memiliki kandungan gula terlalu banyak bagi tubuh. Selain bisa membuat kadar gula dan kadar insulin tubuh menjadi tidak seimbang, hal ini juga bisa memicu masalah kenaikan berat badan.

Jus Disimpan Terlalu Lama

Banyak dari kita yang membuat jus dalam jumlah yang banyak dengan alasan jus ini bisa disimpan dalam wadah atau di lemari es agar lebih dingin dan nikmat. Hal ini ternyata bisa membuat kandungan baik dari jus semakin menurun. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk maksimal menyimpan jus tidak lebih dari 24 hingga 36 jam dan segera diminum jika kita ingin mendapatkan berbagai nutrisinya.

Jus Tidak Bisa Menggantikan Makanan

Banyak orang yang berpikir jika meminum jus bisa menjadi pengganti makan besar dan akan sangat cocok bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Padahal, dalam realitanya, jus tidak bisa menggantikan nutrisi yang kita dapatkan dari makan besar. Kita juga akan cenderung lebih mudah lapar andai melewatkan waktu makan utama dan pada akhirnya mengkonsumsi camilan tidak sehat sebagai kompensasinya. Jus adalah suplemen makanan yang bisa melengkapi kebutuhan nutrisi baik yang bagi tubuh kita.