Kita Harus Berhati-Hati Dengan Takaran Sendok Obat Bagi Anak

DokterSehat.Com – Karena anak-anak cenderung masih sulit meminum obat dalam bentuk pil atau tablet saat jatuh sakit, maka banyak orang tua yang memilih untuk memakai obat dalam bentuk sirup. Obat sirup ini biasanya memberikan takaran sendok pada anak. Sayangnya, selain karena banyak obat yang tidak menyertakan sendok takaran di dalam wadahnya, kadangkala kita bingung dengan takaran sendok ini, apalagi jika takarannya ada yang berupa setengah sendok. Belum lagi adanya fakta bahwa kini ada cukup banyak ukuran sendok yang bisa ditemui. Kita pun harus lebih berhati-hati dengan takaran sendok pada obat bagi anak.

doktersehat-hiv-aids-anak-demam-hidung-tersumbat

Sebuah penelitian tentang hal ini telah dilakukan di Attica, Yunani, dan dipublikasikan di The International Journal of Clinical Practice. Penelitian ini mengambil sampel berupa 71 sendok teh dan 49 sendok makan yang berasal dari 25 rumah. Hasilnya pun cukup mengejutkan dimana di dalam satu rumah saja, kita bisa menemukan tiga sendok dengan ukuran yang berbeda, baik itu sendok teh ataupun sendok makan. Matthew Falagas, seorang Professor dari Alfa Institute of Biomedical Science yang berasal dari Athena, Yunani, menyebutkan jika ada perbedaan yang cukup kentara sebesar 192 persen diantara sendok teh dengan ukuran yang paling kecil dan juga yang paling besar. Sementara itu, ada perbedaan sebesar 100 persen antara sendok makan dengan ukuran paling kecil dan yang paling besar. Hal ini berarti, takaran sendok bagi obat sepertinya memang tidak relevan lagi.

Dengan adanya hasil penelitian ini, ada kemungkinan besar kita memberikan obat dengan takaran yang kurang tepat. Padahal, jika takaran ini tidak tepat, bukannya sakit yang terobati, bisa jadi tubuh kita akan mengalami dampak buruk dalam jangka panjang layaknya keracunan, gangguan pada organ ginjal, hingga adanya kemungkinan bakteri menjadi lebih kebal pada obat.

Baca Juga:  Tips Agar Pori-Pori Kulit Wajah Mengecil

Pakar kesehatan menyebutkan jika satu sendok takar obat bagi anak sebenarnya berarti lima milliliter. Sayangnya, tentu akan sulit untuk menentukan seberapa banyak sebenarnya lima milliliter obat, bukan? Pakar kesehatan dari Athena dan Boston Amerika Serikat pun mengusulkan agar setiap obat sebaiknya memberikan sendok takar yang standar atau jika perlu, mengganti takaran sendok ini dengan alat ukur suntik saja sehingga tidak akan mengalami masalah perbedaan takaran obat kembali.