Kita Bisa Mencegah Flu Dengan Melakukan Hal Berikut

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang paling umum terjadi di masyarakat adalah flu. Sebegitu seringnya penyakit flu terjadi sehingga kerap dianggap sebagai hal yang sepele dan mudah untuk diobati. Beruntung, kita juga bisa mencegah datangnya penyakit ini juga dengan hal-hal yang sederhana seperti sebagai berikut.

doktersehat-influenza

Tidur yang Berkualitas
Semakin sedikit waktu tidur kita, maka semakin mudah pula kita terkena flu. Pakar kesehatan menyebutkan jika seseorang yang tidur kurang dari 6 jam akan memiliki resiko 4 kali lebih besar untuk terkena flu jika dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih dari 7 jam setiap harinya. Hal ini berarti, kita harus menjaga kualitas tidur kita jika tidak ingin mudah terkena flu.

Rutin Berolahraga
Sebuah penelitian yang dilakukan di Appalachian State University menyebutkan jika mereka yang rutin berolahraga setidaknya 5 kali dalam seminggu akan memiliki resiko 46 persen lebih kecil terkena penyakit flu jika dibandingkan dengan mereka yang berolahraga lebih sedikit atau bahkan tidak berolahraga sama sekali. Dengan berolahraga, aliran darah akan menjadi semakin lancar sehingga akan membuat tubuh lebih baik dalam melawan penyakit.

Berpelukan
Tahukah anda, berpelukan dengan anggota keluarga atau orang yang tercinta akan mampu menurunkan stres dengan signifikan. Dengan tingkat stres yang rendah, kita pun akan lebih baik dalam melawan penyakit, khususnya flu. Sempatkan waktu untuk memeluk anggota keluarga atau orang yang tercinta sehingga tidak akan mudah terkena flu.

Mencuci Tangan
Tahukah anda jika dalam satu jam kita rata-rata memegang muka sebanyak tiga hingga empat kali? Hal ini ternyata bisa meningkatkan resiko terkena flu. Menurunkan frekuensi memegang muka tentu akan sulit untuk dilakukan dan ada baiknya kita rutin mencuci tangan kita agar resiko terkena flu menurun.