Kista Dan Tumor Kulit

DokterSehat.Com – Kista dan Penyakit Tumor Kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit), sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal.



Kista adalah kantong atau gelembung yang berisi cairan (bisa kental ataupun cair) pada kulit. Bentuknya yang seperti balon gelembung dan akan terasa halus dan kenyal bila disentuh dan ditekan. Sedangkan untuk tumor kulit adalah pertumbuhan yang tidak normal yang terjadi pada kulit. Tumor kulit bisa menjadi tidak berbahaya (jinak) dan bisa menjadi berbahaya (kanker). Tumor kulit dapat terjadi seiring dengan pertambahan orang yang semakin tua.

Berikut ini beberapa yang termasuk dalam tumor jinak :

  1. Kutil
    adalah tumor jinak kulit yang terjadi akibat adanya penebalan pada kulit
  1. Keratosis seboroik
    Termasuk penyakit kulit tumor jinak. Keratosis seboroik merupakan salah satu tumor jinak yang banyak terjadi pada orang yang sudah tua. penyakit ini memiliki tanda pertumbuhan pada kulit mulai dari warna kulit terang sampai coklat tua.
  1. Nevi
    Nevi adalah kelainan yang terjadi pada kulit yang terdapat pada saat lahir ataupun muncul dalam masa hidupnya. Contoh dari nevi adalah tahi lalat atau tanda lahir lainnya.

Kista Kulit

Apa penyebab kista ? Kista berkembang karena infeksi yang terjadi karena penyumbatan kelenjar sebaceous atau benda asing. Beberapa kista dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Beberapa kista dapat diobati dengan suntikan obat kortison. Kista yang tidak dapat ditangani dengan pengobatan dapat diangkat melalui jalan operasi.

Baca Juga:  Ayah yang Suka Merokok Beresiko Memiliki Anak yang Terkena Asma

Bagaimana mengobati tumor kulit?

  1. Untuk penyembuhan tumor ini dapat dilakukan dengan pengangkatan melalui bedah operasi
  1. Kuretase dan elektrodesiccation, dengan menghilangkan jaringan tumor dengan alat bedah yang disebut kuret dan electrosurgial digunakan untuk menghentikan pendarahan.
  1. Cryosurger, dengan prosedur ini, nitrogen cair disemprotkan langsung ke kulit atau instrumen yang digunakan untuk membekukan jaringan.