Kismis Ternyata Sangat Baik Bagi Liver Kita

DokterSehat.Com – Salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita adalah hati atau liver. Bagaimana tidak, hati memiliki pekerjaan yang berat untuk mendetoksifikasi berbagai racun yang ada dalam tubuh kita. Tanpa kita sadari, banyak racun yang kita konsumsi dari makanan dan minuman dan karena adanya hati inilah kita tidak perlu menderita karenanya. Sayangnya, jika kita tidak menjalankan gaya hidup sehat, apalagi menjaga pola makan dengan baik, hati akan beresiko tinggi terkena masalah kesehatan layaknya hepatitis, sirosis, hingga perlemakan hati. Selain itu, konsumsi beberapa jenis obat juga bisa membuat hati menjadi semakin melemah.

doktersehat-kismis-liver

Beruntung, untuk membuat hati kita bisa terjaga kesehatannya, kita bisa memakai cara yang mudah dengan bahan alami, yakni dengan rutin mengkonsumsi kismis. Kismis sendiri cukup mudah untuk didapatkan di pasaran dan kerap kita temukan sebagai bahan tambahan dari roti. Namun, untuk menjaga kesehatan liver kita, ada baiknya kita mengolah kismis terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut.

Kismis ada baiknya kita tempatkan terlebih dahulu dalam sebuah wadah dan kemudian kita rendam dengan air. Hanya saja, pastikan bahwa kandungan air dalam campuran ini lebih banyak dari jumlah kismis. Sebagai contoh, andai kita mendapatkan setengah gelas kismis, maka air yang dipakai untuk merendamnya sebanyak satu setengah gelas kismis. Setelah itu, rebuslah kismis tersebut salama beberapa menit dalam panic yang tertutup. Setelah cukup matang, diamkan hingga waktu semalaman.

Di pagi hari, saringlah rendaman kismis ini dan cobalah untuk diminum setelah bangun tidur. Jika kita melakukan hal ini setidaknya berturut-turut selama seminggu, diyakini liver kan menjadi lebih sehat dan fungsinya semakin membaik. Hanya saja, harap diperhatikan bahwa kita juga harus memperbaiki pola makan layaknya meninggalkan konsumsi makanan cepat saji dan juga minuman keras yang memang sangat tidak baik bagi hati kita. Selain itu, ada baiknya kita berhenti merokok untuk memastikan bahwa hati kita tidak akan mendapatkan masalah kesehatan.