Kina/Quinine (5)

Nama: Kina



Interaksi
Lihat juga bagian Cara Menggunakan

  • Interaksi obat dapat mengubah cara obat Anda bekerja atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Artikel ini tidak mengandung semua interaksi obat mungkin. Catat daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat yang diresepkan dokter maupun obat yang dibeli mandiri di warung atau apotek, dan produk herbal) dan katakan dengan dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter Anda.
  • Beberapa produk yang dapat berinteraksi dengan obat ini meliputi: “obat pengencer darah” (seperti warfarin), penicillamine.
  • Obat lain dapat mempengaruhi pembuangan kina dari tubuh Anda, yang dapat mempengaruhi kinerja obat. Contohnya antara lain cimetidine, eritromisin, ketokonazol, fenitoin, rifampisin, obat HIV protease (seperti lopinavir, ritonavir), alkalinizers kemih seperti acetazolamide / natrium bikarbonat.
  • Obat ini dapat memperlambat penghapusan obat lain dari tubuh Anda, yang dapat mempengaruhi kerja obat-obat lain tersebut. Contoh obat uang terpengaruh antara lain desipramine, digoxin, obat-obatan tertentu dari golongan “statin” (atorvastatin, lovastatin, simvastatin), antikonvulsan tertentu (carbamazepine, fenobarbital).

Banyak obat selain kina dapat mempengaruhi irama jantung (perpanjangan QT), termasuk amiodarone, dofetilide, meflokuin, pimozide, procainamide, quinidine, sotalol, antibiotik makrolida (seperti eritromisin). Oleh karena itu, sebelum menggunakan kina, laporkan obat-obat tersebut jika sedang Anda gunakan kepada dokter atau apoteker.

Cimetidine adalah obat yang dapat dibeli bebas di apotek tanpa resep yang umum digunakan untuk mengobati asam lambung yang berlebih atau maag. Karena cimetidine dan antasida aluminium / magnesium dapat berinteraksi dengan kina, tanyakan kepada apoteker Anda tentang produk lain untuk mengobati maag atau peningkatan asam lambung.

Kina sangat mirip dengan quinidine. Jangan gunakan obat yang mengandung quinidine saat menggunakan kina.

Baca Juga:  Lorazepam - Peringatan (2)

Obat ini dapat mengganggu tes laboratorium tertentu (termasuk tes urine tertentu seperti katekolamin, protein, steroid), yang dapat menyebabkan hasil tes palsu. Pastikan petugas laboratorium dan semua dokter Anda tahu Anda menggunakan obat ini.

Overdosis
Jika overdosis dicurigai, hubungi ruang gawat darurat segera

Catatan:

  • Jangan berbagi obat ini dengan orang lain.
  • Jika Anda melewatkan dosis, konsumsi segera setelah Anda ingat. Jika dekat waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang tidak terjawab dan melanjutkan jadwal pemberian dosis yang biasa Anda. Jangan minum dosis berganda untuk mengejar ketinggalan.

Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan semua obat jauh dari anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan siram obat ke toilet atau jangan tuangkan ke dalam saluran kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Buang produk ini ketika kedaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan kepada apoteker atau ke pihak pembuangan limbah obat lokal.