Kina/Quinine (4)

Nama: Kina



Kewaspadaan

  • Sebelum mengambil kina, beritahu dokter atau apoteker jika Anda alergi kina (quinine); atau quinidine atau mefloquine; atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lainnya. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.
  • Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama dari: efek samping yang serius sebelumnya dengan kina (seperti masalah darah), riwayat keluarga / pribadi untuk masalah enzim tertentu (defisensi enzim glukosa-6-fosfat dehidrogenase/ defisiensi-G6PD) , masalah tertentu pada saraf mata (neuritis optik), masalah pendengaran (seperti telinga berdenging), penyakit otot atau saraf tertentu (myasthenia gravis), masalah irama jantung (seperti atrial fibrilasi), masalah ginjal, masalah hati.
  • Obat ini mungkin membuat Anda pusing atau menyebabkan penglihatan kabur. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan atau pandangan yang jelas sampai Anda yakin Anda dapat melakukan kegiatan dengan aman. Batasi minuman beralkohol.
  • Sebelum menjalani operasi, beritahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat yang diresepkan dokter maupun yang dibeli secara bebas di warung, dan produk herbal).
  • Kina dapat menyebabkan suatu kondisi yang mempengaruhi irama kelistrikan jantung (perpanjangan QT). Perpanjangan QT jarang dapat menyebabkan hal yang serius seperti denyut jantung tidak teratur dan gejala lain (seperti pusing berat, pingsan) yang memerlukan perhatian medis segera.
  • Risiko perpanjangan QT dapat ditingkatkan jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau mengkonsumsi obat lain yang dapat menyebabkan perpanjangan QT. Sebelum menggunakan kina, beritahu dokter atau apoteker semua obat yang Anda konsumsi dan jika Anda memiliki salah satu kondisi berikut: masalah jantung tertentu (gagal jantung, detak jantung lambat, perpanjangan QT pada EKG), riwayat keluarga masalah jantung tertentu (QT perpanjangan di EKG, kematian tiba-tiba akibat serangan jantung).
  • Kalium atau magnesium dalam darah yang rendah juga dapat meningkatkan risiko perpanjangan QT. Risiko ini dapat meningkat jika Anda menggunakan obat-obatan tertentu (seperti diuretik / “pil air”) atau jika Anda memiliki kondisi seperti berkeringat parah, diare, atau muntah. Bicaralah dengan dokter Anda tentang penggunaan kina yang aman.
  • Orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih sensitif terhadap efek samping dari obat ini, terutama perpanjangan QT (lihat di atas).
  • Obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan selama kehamilan. Ini dapat membahayakan bayi yang belum lahir. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk lebih jelasnya.
Baca Juga:  L-Arginine (1)

Jika hamil
Keamanan untuk kehamilan: kategori X (trimester pertama)

Jenis kategori obat untuk kehamilan:

  • Kategori A: secara umum dapat diterima, telah melalui penelitian pada wanita-wanita hamil, dan menunjukkan tidak ada bukti kerusakan janin
  • Kategori B. mungkin dapat diterima oleh wanita hamil, telah melalui penelitian pada hewan coba namun belum ada bukti penelitian langsung pada manusia.
  • Kategori C: digunakan dengan hati-hati. Penelitian pada hewan coba menunjukkan risiko dan belum ada penelitian langsung pada manusia
  • Kategori D: digunakan jika memang tidak ada obat lain yang dapat digunakan, dan dalam kondisi mengancam jiwa.
  • Kategori X: jangan digunakan pada kehamilan.
  • Kategori NA: tidak ada informasi

Obat ini masuk ke dalam ASI. Namun, obat ini tidak menyakiti bayi menyusui. Dokter sebaiknya menguji bayi untuk kondisi defisiensi/kekurangan enzim tertentu (enzim glukosa-6-fosfat dehidrogenase / defisiensi G-6PD) sebelum Anda menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.