Kina/Quinine (3)

Nama: Kina



Efek Samping

  • Sakit kepala ringan, kemerahan, berkeringat yang lebih dari biasanya, mual, telinga berdenging, penurunan pendengaran, pusing, penglihatan kabur, dan perubahan sementara dalam penglihatan warna dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini bertahan setelah perawatan selesai, atau jika efek ini memburuk ketika obat dikonsumsi, beritahu dokter atau apoteker Anda segera.
  • Kina dapat menyebabkan gula darah rendah (hipoglikemia), terutama selama kehamilan. Gejala gula darah rendah termasuk berkeringat tiba-tiba, gemetar, detak jantung cepat, kelaparan, penglihatan kabur, pusing, atau kesemutan pada tangan / kaki. Jika gejala gula darah rendah terjadi, tingkatkan gula darah Anda dengan makan sumber gula seperti madu, teh manis atau permen, atau minum jus buah atau susu kental manis. Katakan kepada dokter Anda segera tentang reaksi dan penggunaan produk ini.
  • Ingatlah bahwa dokter telah memberikan resep obat ini karena dia telah menilai bahwa manfaat lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.
  • Katakan kepada dokter Anda segera jika salah satu efek samping yang jarang tapi sangat serius terjadi: mudah memar / perdarahan, / bintik-bintik ungu yang tidak biasa, warna coklat / merah pada kulit, tanda-tanda infeksi serius (seperti demam tinggi, menggigil parah, sakit tenggorokan persisten), tanda-tanda tiba-tiba kehilangan sel darah merah yang disebut anemia hemolitik (seperti kelelahan yang parah, urin berwarna coklat, bibir / kuku / kulit pucat, napas cepat saat istirahat),  tanda-tanda masalah hati yang parah (seperti terus-menerus mual / muntah, nyeri perut, kelemahan yang parah, kuning pada kulit / mata, urine lebih gelap dari biasanya), perubahan jumlah urin.
  • Cari bantuan medis segera jika salah satu efek samping yang jarang tapi sangat serius terjadi: nyeri dada, pusing berat, pingsan, cepat / denyut jantung tidak teratur, kebutaan.
  • Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, cari bantuan medis segera jika Anda melihat gejala-gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal / bengkak (terutama wajah / lidah / tenggorokan), pusing berat, kesulitan bernapas.
  • Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker.