Kina/Quinine (2)

Nama: Kina



Cara Menggunakan

  • Baca Panduan Obat dan, jika tersedia, atau tanyakan apoteker sebelum Anda mulai mengkonsumsi kina dan setiap kali Anda mendapatkan lagi resep kina. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker.
  • Konsumsi obat ini  melalui mulut, dengan makanan untuk mengurangi sakit perut, persis seperti yang diresepkan oleh dokter. Obat ini biasanya dikonsumsi setiap 8 jam selama 3 sampai 7 hari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.
  • Konsumsi obat ini 2 – 3 jam sebelum atau setelah meminum antasida yang mengandung aluminium atau magnesium. Produk tersebut berikatan dengan kina, mengganggu penyerapan kina ke dalam tubuh.
  • Dosis dan lamanya pengobatan didasarkan pada kondisi medis, negara di mana Anda terinfeksi, obat lain yang dikonsumsi untuk malaria, dan respons Anda terhadap pengobatan.
  • Dosis pada anak-anak juga didasarkan pada berat badan.
  • Penting untuk terus minum obat ini (dan obat malaria lainnya) persis seperti yang ditentukan oleh dokter Anda. Jangan mengurangi atau melebihi dosis dari yang ditentukan. Jangan melewatkan dosis apapun. Lanjutkan untuk meminum obat ini sampai jumlah yang ditentukan penuh selesai, bahkan jika gejala hilang setelah beberapa hari. Lupa untuk meminum atau menghentikan obat terlalu dini dapat membuat infeksi lebih sulit untuk diobati dan menghasilkan resistensi pada parasit malaria (kebal terhadap obat antimalaria).
  • Obat ini bekerja paling baik bila jumlah obat dalam tubuh Anda disimpan pada tingkat yang konstan. Oleh karena itu, minum obat ini pada interval waktu yang sama. Untuk membantu Anda ingat, minum pada waktu yang sama setiap hari, semisal, jam 7, jam 13 (jam 1 siang), jam 19 (jam 7 malam), begitu seterusnya setiap hari sampai obat dianjurkan untuk berhenti diminum oleh dokter.
  • Katakan kepada dokter Anda jika Anda tidak merasa lebih baik setelah 1-2 hari meminum obat ini. Jika demam Anda kembali hadir setelah resep diminum total, hubungi dokter sehingga dokter bisa menentukan apakah malaria telah relaps atau kambuh.