Pertemuan dengan Donald Trump, Kim Jong Un Bawa Toilet Pribadi

donald_trump_kim_jong_un_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/donkeyhotey

DokterSehat.Com– Pertemuan bersejarah pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjadi perbincangan banyak pihak. Tak hanya membuat banyak orang penasaran dengan hasil dan manfaat dari pertemuan ini, banyak orang yang juga memperhatikan hal-hal unik lainnya, seperti toilet pribadi yang dibawa sendiri oleh pihak Kim Jong Un.

Meskipun dipastikan sebagai pertemuan yang damai, Kim Jong Un dan pihak Korea Utara tetap memastikan pimpinannya berada dalam kondisi aman dan tidak mudah terkena berbagai ancaman berbahaya. Dengan membawa toilet pribadi, maka badan intelijen dari negara lain tidak akan mudah mengetahui kondisi kesehatannya yang dianggap sebagai sesuatu yang harus dilindungi.

Media Korea Selatan, Chonusibo menyebutkan bahwa pihak Korea Utara memastikan bahwa tempat penampungan kotoran dari toilet pribadi milik Kim Jong Un ini tidak akan bisa diakses oleh siapapun selain dari pihak yang bertanggung jawab. Kotoran ini bahkan akan dibawa kembali ke Korea Utara setelah pertemuan selesai dilakukan.

Sebenarnya, apa yang dilakukan oleh Kim Jong Un bukanlah hal yang aneh. Banyak pimpinan negara lainnya yang juga membawa toilet pribadinya dengan alasan serupa. Sebelumnya, Jong Un juga membawa toilet pribadi saat bertemu dengan presiden Korea Selatan, Moon Jae in di Panmunjom pada April 2018 lalu.

Yang menarik adalah, pada pertemun dengan Moon Jae In, Kim juga membawa pulpen dan pensil alis yang bisa dipakai untuk menghapus sidik jari pada berbagai benda yang ia sentuh.

Trump dan Jong Un melakukan pertemuan pada hari ini, Selasa 12 Juni 2018 di Singapura. Tak hanya melakukan dialog empat mata, mereka juga akan melakukan makan siang bersama disertai dengan berbagai pejabat tinggi negara lainnya.