Kiat Menurunkan Resiko Serangan Jantung Bagi Kaum Hawa

DokterSehat.Com – Penyakit jantung adalah penyakit yang dikenal luas sangat mematikan dan ditakuti oleh semua orang di dunia. Baik pria maupun wanita, anak-anak maupun orang dewasa memiliki resiko yang sangat besar mendapatkan penyakit ini jika tidak melakukan gaya hidup yang sehat. Bagi kaum wanita sendiri, gaya hidup yang jauh lebih sehat ternyata bisa menekan resiko terkena penyakit jantung hingga 92 persen. Selain itu, beberapa penyakit layaknya tekanan darah atau kadar kolesterol yang tinggi juga bisa ditekan resikonya hingga 62 persen.

doktersehat-serangan-jantung-tes-darah-bahaya

Lantas, gaya hidup sehat seperti apakah yang harus kita lakukan untuk menekan resiko terkena penyakit jantung? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa setidaknya ada enam hal yang harus kita lakukan. Hal pertama adalah tidak merokok atau jika kita memiliki kebiasaan merokok, maka kita tentu harus segera menghentikannya. Hal kedua yang harus dilakukan adalah mengurangi konsumsi alkohol dan sebisa mungkin tidak meminumnya setiap hari. Hal ketiga adalah berolahraga dengan durasi setidaknya 150 menit dalam seminggu. Hal ke empat adalah mengurangi waktu melihat televisi setidaknya kurang dari 7 jam dalam sehari. Hal ke lima adalah banyak-banyak konsumsi sayuran sekaligus mengurangi konsumsi daging merah, makanan olahan, sekaligus gula. Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga BMI dalam kondisi yang normal.

Penelitian menyebutkan wanita dengan rentang usia sekitar 35 hingga 44 tahun yang melakukan ke enam gaya hidup sehat tersebut memiliki resiko sangat rendah untuk terkena serangan jantung. Pakar kesehatan juga berkata jika kaum hawa rajin-rajin mengecek kadar tekanan darah dan kolesterolnya dan mencoba untuk menjaganya dalam kadar yang normal, maka masalah jantung pun bisa dicegah. Memang, pada awalnya melakukan gaya hidup sehat akan terasas sangat berat. Namun, jika kita sepenuh hati melakukannya, maka hal ini akan menjadi hal yang tidak sulit untuk dilakukan.