Kiat Kurangi Risiko Alergi Hewan

DokterSehat.com – Memelihara hewan seperti anjing, burung, atau kucing memang banyak manfaatnya. Selain bisa membuat tubuh lebih aktif bergerak, hewan peliharaan juga bisa membuat hidup terasa lebih bahagia dan bisa membantu mengurangi stress.



Sayangnya, ada beberapa orang yang mempunyai alergi hewan. Bagi mereka yang mengidap alergi ini, hewan justru menjadi sosok musuh terburuk. Kombinasi rambut hewan atau bulu dan sel kulit mati mampu memicu serangan asma serta reaksi alergi lain yang disebabkan alergen.

Namun dengan upaya-upaya ekstra, bisa jadi Anda dapat tetap memelihara hewan kesayangan tanpa perlu merasa cemas berlebihan dengan timbulnya alergi. Berikut adalah kiat mengurangi risiko alergi hewan :

1. Minimalkan kontak

Anda bisa mengurangi alergen dengan menempatkan hewan piaraan di luar rumah. Selain itu, Anda juga perlu membatasi kontak dengan hewan seperti memegang rambut atau bulu hewan. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan sampai bersih setelah melakukan kontak dengan hewan peliharaan. Tidak melapisi lantai rumah dengan karpet juga dapat membantu mengurangi kemungkinan rambut atau bulu hewan menempel pada dinding, lantai, dan perabotan atau furnitur rumah yang lain.

2. Hindari hewan duduk di sofa

Sofa, korden, tempat tidur, karpet, selimut, bantal, dan benda lain yang menggunakan unsur kain sebaiknya tidak bersentuhan langsung dengan hewan peliharaan. Jika cukup sulit menjauhkan hewan dari benda-bena tersebut, maka sebaiknya sesering mungkin bersihkan sofa dan perabot lainnya dengan vakum cleaner.

3. Bersihkan rumah sesering mungkin

Membersihkan karpet dengan vakum cleaner jauh lebih efektif daripada melakukan kegiatan bersih-bersih dengan menggunakan sapu. Vakum cleaner mampu menyerap langsung sumber-sumber alergen. Berbeda dengan penggunaan sapu yang justru membuat alergen bertebaran di penjuru ruangan.

Baca Juga:  Kenapa Hati Rusak Bisa Bikin Tubuh Menjadi Kuning?

4. Tutup ventilasi

Jika Anda menggunakan AC, menutup ventilasi dapat mengurangi alergen bersirkulasi di dalam hunian.

5. Mandikan hewan

Riset menunjukkan bahwa, memandikan hewan dengan teratur dapat mengurangi produksi alergen sampai 85 %.

6. Bersihkan kandang hewan

Jika hewan peliharaan berupa burung, kelinci, hamster, dan jenis hewan lain yang memiliki kecenderungan hidup di dalam kandang, maka membersihkan kandang dengan rutin juga dapat mengurangi produksi alergen.

Memelihara hewan bukan suatu keharusan. Anda berhak menjatuhkan pilihan untuk memilih memelihara atau tidak. Jika dengan menerapkan kiat-kiat di atas, alergi tetap tak terhindarkan, maka ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk mencarikan rumah baru untuk hewan peliharaan.