Khitan Memiliki Manfaat Besar bagi Kesehatan Organ Intim Pria

DokterSehat.com– Sebagai salah satu ajaran yang diterapkan oleh salah satu agama, ternyata khitan memiliki manfaat yang baik dari segi jasmani. Sedangkan jika dilihat dari sudut pandang medis, khitan sangat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu membuang anggota tubuh yang menjadi tempat bersembunyinya kotoran, virus, bakteri, dan bau yang tidak sedap.

7

Khitan sebagai proses pemotongan sebagian kulit penutup bagian depan pada organ kelamin pria, memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

Menjaga kebersihan

Melalui khitan, kaum pria diajarkan betapa pentingnya menjaga kebersihan organ intim tersebut. Setelah dikhitan pembersihan pun dapat dilakukan dengan mudah. Kebersihan ini akan sangat bermanfaat untuk melindungi pria dari berbagai penyakit menular dan mematikan.

Mencegah infeksi

Serangan saluran infeksi kemih lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria. Namun pada pria yang tidak dikhitan akan lebih mudah terinfeksi penyakit ini.

Mencegah penyakit

Pria yang telah dikhitan memiliki resiko yang rendah terkena penyakit seksual yang menular. Misalnya infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus), yang dapat berujung pada AIDS. Meski begitu seks dengan cara dan jalan yang aman tetap disarankan bagi pria yang sudah dikhitan.

Mencegah inflamasi

Inflamasi atau peradangan dapat berpotensi terjadi pada pria yang tidak dikhitan. Hal ini dikarenakan bagian ujung organ intim pria merupakan tempat tumbuhnya banyak bakteri dan jamur. Selain inflamasi dapat berpotensi pula pada masalah kesehatan lain.

Mencegah kanker

Manfaat lain dari khitan dapat mencegah potensi penyakit kanker. Pria yang berkhitan akan membantu pasangannya terkena resiko penyakit kanker leher rahim (serviks).