Khawatir Berlebih Picu Gangguan Kesehatan

Doktersehat.com – Rasa khawatir normal dialami siapa saja. Namun, rasa khawatir yang berlebihan malah akan menimbulkan masalah pada kesehatan Anda.



Sebuah penelitian menemukan bahwa para tentara yang pulang setelah perang akan berisiko terkena Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) atau gangguan stres pasca trauma akibat rasa khawatir yang berlebihan.

Gangguan PTSD biasanya ditandai dengan munculnya mimpi-mimpi tentang masa lalu yang kurang menyenangkan, malu, gelisah, gampang marah, tidak peka, menarik diri, dan merasa bersalah. Para peneliti  mengungkapkan rasa  khawatir yang berlebihan sebagai salah satu pemicunya.

Orang yang berkepribadian neurotik identik dengan rasa khawatir yang berlebihan. Hal ini ditandai dengan tingginya tingkat kegelisahan dibandingkan dengan orang pada umumnya. Selain itu, biasanya orang dengan kepribadian neurotik menunjukkan reaksi yang berlebihan terhadap lingkungannya.

Hasil penelitian menunjukkan selama 10 tahun 50% dari 1000 orang di Michigan mengalami berbagai tipe trauma dan 5% menderita gangguan PTSD.

Kepribadian seseorang diketahui memiliki hubungan dengan peningkatan risiko PTSD. Seseorang yang terlalu mengkhawatirkan segala sesuatu lebih berisiko mengalami gangguan PTSD.

Sumber: detik.com