Khasiat Telur Untuk Kulit dan Rambut

DokterSehat.com – Selain enak dan berprotein tinggi, telur juga bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan rambut. Berikut ini beberapa manfaat telur untuk kulit dan rambut Anda:



1. Melembutkan kulit

Putih telur kaya akan kandungan proteinnya sehingga berkhasiat untuk membantu melembutkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Caranya, campurlah putih telur dengan yogurt lalu oleskan ke wajah hingga merata.

2. Menyembuhkan jerawat

Kandungan protein dan asam amino dalam putih telur juga berkhasiat menyembuhkan jerawat. Gunakan putih telur sebagai masker. Pastikan putih telur merata pada wajah lalu biarkan selama 30 menit hingga mengering.

3. Mengurangi minyak di wajah

Jika kulit Anda termasuk jenis kulit berminyak sebaiknya cobalah menggunakan masker putih telur yang kaya vitamin E. Caranya, ambil bagian putihtelur lalu campur dengan bubuk cendana.oleskan secara merata ke wajah untuk menyingkirkan minyak secara alami.

4. Mengobati kulit yang terbakar

Protein dalam putih telur juga membantu regenerasi kulit. Campurkan putih telur dengan lemon dan madu pada kulit yang terbakar sinar matahari. Campuran ini berkhasiat untuk membantu kulit menjadi lebih kencang dan bersih.

5. Mengatasi lingkaran hitam di bawah mata

Kurang tidur terkadang bisa membuat munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Untuk menghilangkannya Anda bisa mengoleskan putih telur yang sudah dikocok ke bagian bawah mata. Anda juga bisa meletakkan irisan timun di mata agar lebih segar.

6. Moisturiser rambut

Selain untuk masker wajah, telur juga bisa digunakan untuk masker rambut. Telur berkhasiat melembutkan, membuat rambut mudah diatur, dan tidak lepek.

7. Mengatasi ketombe

Untuk mengobati ketombe di rambut, oleskan telur sebagai masker rambut, usap di kulit kepala dan tunggu 30 menit lalu bilas dengan shampo anti ketombe.

Baca Juga:  Apa itu Reye Syndrome ?

8. Mengurangi rambut rontok

Kandungan zat besi dalam telur juga dipercaya mampu mengurangi rambut rontok dan masalah kulit kepala lainnya. Caranya campurkan telur dengan minyak rambut dan lemon, oleskan pada rambut dan pijat. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

9. Mengatasi rambut berminyak dan lengket

Saat sedang berada di luar ruangan, sinar matahari yang panas bisa membuat rambut berminyak dan lengket. Untuk mengatasinya, gunakan telur sebagai masker rambut. Ini juga akan membantu rambut mengeluarkan minyak alami yang tidak lengket.