Khasiat Sehat Madu

DokterSehat.Com – Siapa yang tidak tahu dengan madu ? tentu anda tahu bukan ? sebuah cairan berasa sangat manis yang dihasilkan oleh lebah dari jeri payahnya mengumpulkan sari–sari bunga. Seekor hewan yang sangat menggangu karena suka menyengat ini, ternyata begitu berjasa bagi manusia. Ya walaupun sebenarnya lebah juga tidak akan menyengat jika tidak di ganggu. Oleh sebab itu kita sepatutnya berterima kasih oleh si lebah ini. Sebab, karena jeri payah dan kerja keras mereka bisa menghasilnya sesuatu yang luar biasa dan sangat bermanfaat bagi manusia, yaitu madu.

doktersehat-madu-kulit-halus

Meski mengandung kadar gula yang tinggi, namun madu memiliki berbagai khasiat positif bagi kesehatan. Baru-baru ini penelitian mengungkap manfaat madu untuk meredakan batuk balita di malam hari.

Selain meredakan batuk dan membuat tidur lebih tenang, berikut adalah beberapa khasiat madu yang menganggumkan.

1. Antibiotik oles
Penelitian menunjukkan beberapa penyakit kulit, seperti luka bakar, tergores, hingga bekas jahitan operasi, memberikan respon pada “terapi madu” yang dioleskan di bagian luka. Kandungan alami madu berupa hidrogen perioksida yang diproduksi dari enzim lebah diduga bekerja seperti antibiotika alami sehingga punya daya menyembuhkan.

2. Mengurangi gatal
Kandungan anti-inflamasi dalam madu terbukti membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi akibat gigitan nyamuk.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Madu sangat kaya akan polifenol, jenis antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, yang bisa memicu penyakit kanker dan penyakit jantung.

4. Meredakan gangguan pencernaan
Dalam penelitian tahun 2006 yang dipublikasikan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine, para peneliti menyimpulkan bahwa mengganti gula dengan madu dalam makanan yang diproses akan meningkatkan mikroflora dalam usus. Tetapi penelitian itu baru dilakukan pada tikus laboratorium.

Baca Juga:  Disfungsi Trombosit, Darah Tak Kunjung Berhenti Saat Terluka

5. Mengobati jerawat
Menurut penelitian awal, madu jenis Manuka dan Kanuka efektif mengatasi jerawat vulgaris, yakni gangguan kulit yang disebabkan oleh inflamasi dan infeksi folikel pilosebaceous di wajah, punggung, atau dada.