Khasiat Sayur Terong Bagi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Terong adalah salah satu jenis sayuran yang sangat mudah ditemui di hampir seluruh penjuru daerah di Indonesia. Sayuran yang biasanya memiliki harga yang sangat murah ini banyak dijadikan sayur oseng, campuran sayur bening, atau bahkan menjadi hidangan khas warung penyet pinggir jalan. Disamping rasanya yang enak, terong ternyata memberikan banyak sekali kebaikan bagi mereka yang rajin mengkonsumsinya. Apa sajakah kebaikan terong bagi kesehatan tubuh kita?

doktersehat-terong

Jangan sepelekan terong sebagai makanan yang sederhana dan kurang berkelas. Banyak asupan gizi dari terong yang bisa membuat tubuh kita menjadi lebih baik. Sebagai contoh, kandungan nutrisi yang disebut sebagai phyto ternyata banyak dimiliki oleh terong. Nutrisi phyto sendiri dikenal luas oleh pakar kesehatan sebagai penyebab kemampuan otak meningkat secara signifikan. Hal ini berarti jika kita memakan terong, maka kemampuan berpikir dan berkonsentrasi kita akan jauh meningkat. Kandungan terong lain yang disebut bioflavonoid ternyata juga sangat baik dalam menahan tekanan darah tubuh agar tetap dalam kondisi normal. Anda tentu akan dapat menekan resiko mendapatkan terkena stroke di masa depan.

Apakah kebaikan terong hanya itu saja? Anda salah. Terong ternyata dikenal memiliki kandungan kalsium dan antioksidan yang sangat baik sehingga kesehatan tulang dan gigi anda pun akan terjaga dengan baik. Jaringan perifer pun bisa diperbaiki dengan kadar antioksidan dari terong. Disamping itu, kandungan serat yang tinggi tentu akan membantu saluran pencernaan bekerja dengan baik sehingga sembelit pun bisa dihindari.

Mengkonsumsi terong ternyata berpotensi membuat kita terhindar dari masalah anemia. Disamping anemia, kandungan zat besi yang tinggi juga membuat terong menjadi asupan yang cocok bagi kaum hawa di kala menstruasi. Terong juga diyakini mampu menurunkan resiko terkena diabetes mengingat kayanya serat ada terong dan jumlah karbohidrat yang rendah pun cenderung akan menurunkan resiko diabetes. Dengan melihat begitu banyak kebaikan mengkonsumsi terong, apakah anda akan membeli sayuran yang segar dan murah ini untuk dikonsumsi setiap hari?

Baca Juga:  Menyembuhkan Pusing tanpa Obat