Khasiat Pare Untuk Mengobati Sakit Mata Merah

DokterSehat.Com – Gangguan mata merah ini adalah penyakit mata yang sering terjadi atau umum, dan dialami oleh banyak orang. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari alergi, debu, kelelahan,radiasi layar monitor komputer, asap sampai dengan serangga. Salah satu obat tradisional yang disarankan untuk mengatasi mata merah adalah pare  (Momordica charabtia), yang dikenal dengan rasa buahnya yang pahit. Berikut ini adalah khasiat pare untuk mengobati sakit mata merah.



Pare adalah sejenis tanaman merambat yang berasal dari daerah tropis Asia, dan banyak dibudidayakan  di wilayah Nusantara. Buah pare mengandung zat-zat seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, beta karoten, lutein, likopen, kalium, dan albiminoid. Daunnya mengandung momordisina, momordina, karantina, resin dan minyak lemak. Akarnya mengandung asam momordial dan asam oleonolat, sedangkan bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid dan asam momordial. Hampir semua bagian pare dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

Khasiat pare untuk mengobati sakit mata merah terletak pada daunnya yang masih muda. Caranya adalah sebagai berikut : ambil daun pare muda yang masih segar sekitar 3-6 lembar. Sterilisasi daun pare dengan air panas, dan tambahkan sedikit air bersih yang murni. Remas-remas daun hingga getah dan warna hijau daun pare keluar. Diamkan beberapa saat hingga zat yang terkandung dalam daun pare larut dalam air. Saring dengan kain steril hingga memperoleh sari berwarna bening kehijauan. Sari pati tersebut hanya bertahan untuk 1 hari, kecuali jika Anda menyimpannya dalam toples steril kedap udara dan disimpan di tempat yang sejuk. Jangan lupa selama mengolah daun pare, tangan Anda harus dalam keadaan steril.

Untuk memanfaatkan khasiat pare untuk mengobati sakit mata merah, teteskan sari daun pare tersebut ke mata merah seperti menggunakan boorwater. Saat pertama kali menggunakan, mata mungkin akan terasa perih. Lakukan 2-3 kali sehari. Jika kondisi mata membaik, lanjutkan pemakaian. Diperkirakan mata merah akan sembuh dalam waktu kurang lebih 1 minggu.

Baca Juga:  Masturbasi Membuat Sperma Lebih Berkualitas

Selain pare, Anda juga bisa memanfaatkan tanaman lain untuk mengobati mata merah. Bunga melati salah satunya. Bunga yang harum ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengobati mata merah Anda, cukup dengan menghaluskannya lalu menempelkannya pada dahi. Apabila sudah kering, bisa diganti dengan pipihan melati yang baru. Terus saja melakukan hal tersebut hingga mata merah Anda kembali berbinar-binar. Nah, tunggu apalagi, gunakan pare untuk mengobati mata dengan cara yang lebih hemat dan aman, dan Anda juga bisa mencoba melati jika memang tidak menemukan pare. Jangan lupa, pastikan keduanya dalam keadaan bersih sebelum dijadikan obat mata Anda. Kalau tidak bersih, bukannya sembuh malah membuat mata semakin parah.