Khasiat Minyak Peppermint untuk Kecantikan yang Mengejutkan

doktersehat-khasiat-minyak-peppermint
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Ada banyak jenis minyak esensial yang bagus untuk kecantikan. Satu di antaranya adalah minyak peppermint. Dilansir dari Natural Living Ideas, bahwa minyak peppermint bagus untuk kulit, rambut, kuku, serta kesehatan gigi dan mulut. Mari kita simak apa saja manfaat minyak peppermint untuk kecantikan.

1. Pembersih Wajah dari Minyak Peppermint

Minyak peppermint bisa dicampur dengan bahan-bahan lain untuk dijadikan sebagai pembersih wajah. Ada dua resep yang bisa Anda coba. Resep pertama adalah panaskan air, kemudian angkat dan masukkan sabun pembersih muka Anda. Lalu masukkan gliserin, perasan lemon, dan minyak peppermint setelah dingin. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol, dan Anda bisa mulai coba menggunakannya untuk membersihkan wajah.

Resep pembersih wajah kedua dari minyak peppermint bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang berjerawat. Anda harus mencampurkan minyak zaitun, minyak pohon teh, minyak peppermint, minyak lavender, gliserin dan sabun jerawat yang Anda percayai.

2. Campuran Membuat Obat Kumur

Manfaat minyak peppermint untuk kecantikan selanjutnya berkaitan dengan kesehatan mulut yang terjaga. Kesehatan mulut yang terjaga, akan membuat napas Anda segar. Untuk mendapatkan hal tersebut, Anda bisa coba membuat sendiri obat kumur dengan campuran minyak peppermint. Kandungan anti-bakteri dan anti-jamur pada minyak peppermint ampuh untuk meminimalisasi aroma napas yang kurang sedap.

Untuk membuat obat kumur sendiri menggunakan campuran minyak peppermint, Anda harus menyiapkan air bersih, 2 sendok teh baking soda, 2 tetes minyak pohon teh, 2 tetes minyak peppermint dan wadah tertutup atau botol untuk menyimpannya. Campurkan semua bahan tersebut, dan Anda bisa mulai menggunakannya. Berhati-hati dalam mencampurkan minyak pohon teh, karena jika dicerna dalam jumlah banyak, bisa menjadi racun bagi tubuh. Obat kumur ini jangan sampai tertelan.

3. Eksfoliator Scrub dari Campuran Minyak Peppermint

Minyak peppermint juga bisa menjadi bahan campuran membuat eksfoliator sendiri. Caranya, Anda cukup siapkan 4-5 sdm gula putih organic, 2 sdm minyak zaitun, 1sdt minyak biji rame, 3-4 tetes minyak peppermint. Campur semua bahan tersebut hingga merata. Dan scrub bisa mulai digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati Anda.

Merasakan manfaat minyak peppermint untuk kecantikan bisa Anda lakukan di rumah. Cara dan bahan serta cara membuat aneka jenis perawatan tubuh dengan peppermint juga tidak terlalu sulit, bukan? Selamat mencoba!