Khasiat Mentimun Untuk Mata

DokterSehat.Com – Mentimun (cucumis sativus) memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Tidak hanya untuk konsumsi makan, melainkan juga untuk obat-obatan. Mentimun digolongkan sebagai tanaman labu-labuan karena mengandung 90% air. Kandungan inilah yang juga baik untuk kesehatan mata.

19

Untuk kecantikan wajah, mentimun sangat bagus dalam mencegah timbulnya jerawat, muka kusam dan melindungi wajah dari panas matahari. Selain itu, mentimun juga membersihkan pori-pori sehingga menjadi bersih dan tidak tertutupi.

Untuk kesehatan mata, mentimun mengandung berbagai vitamin, antara lain A, B2, dan C. Vitamin-vitamin tersebut dapat mengecilkan melamin gelap. Karena itu, ia cocok dijadikan obat menghilangkan lingkaran hitam pada mata.

Cara penggunaan mentimun untuk lingkaran mata yang gelap bisa dilakukan dengan membuatnya menjadi masker. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Bilaslah dengan air dingin.
  • Oleskan ke lingkaran mata yang gelap. Biarkan sekitar 30 menit.
  • Setelah halus, masukkan ke dalam lemari pendingin kira-kira 10-15 menit.
  • Sediakan mentimun secukupnya.
  • Iris kecil-kecil dan masukkan ke dalam blender untuk dihaluskan

Tips di atas sangat cocok bagi Anda yang terbiasa begadang. Mata yang sering diajak begadang biasanya akan menimbulkan lingkaran hitam di bagian luar kelopak mata. Jadi, lingkaran hitam tersebut dapat dihilangkan dengan menggunakan masker timun.