Khasiat Madu dan Kayu Manis Untuk Turunkan Berat Badan dan Kolesterol

DokterSehat.Com – Madu dan kayu manis adalah dua bahan alami yang selama ini telah diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun bagaimana jika keduanya disatukan? Tentu saja, kombinasi madu dan kayu manis bisa menjadi salah satu kombinasi paling hebat untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.



Salah satu manfaat hebat yang dimiliki oleh madu dan kayu manis adalah untuk menurunkan kolesterol. Campuran madu dan kayu manis diketahui bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh hingga lebih dari 20 persen. Cara untuk menggunakannya adalah dengan mencampur satu sendok teh madu dengan sejumput bubuk kayu manis pada teh. Kemudian Anda hanya perlu mengonsumsinya dua kali sehari untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat.

Tidak hanya bisa menurunkan kolesterol, campuran madu dan kayu manis juga bisa memberikan manfaat kesehatan lainnya sebagai berikut :

  1. Menambah energy
    Madu mengandung energi sehingga jika dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan energi. Campurkan satu sendok teh madu dengan segelas air hangat serta sejumput kayu manis. Agar rasanya semakin segar tambahkan perasan air jeruk lemon yang mengandung vitamin C.
  1. Normalkan kadar kolesterol
    Mengonsumsi makanan tinggi lemak dapat menyebabkan kolesterol menjadi tinggi. Untuk menghindari hal ini, campurkan 2 sdm madu dan 3 sdt bubuk kayu manis yang dicampur dengan air teh untuk menurunkan kadar kolesterol darah.
  1. Kurangi asam lambung
    Taburkan bubuk kayu manis pada 2 sdm madu sebelum makan. Hal ini dapat membantu mengurangi keasaman lambung. Selain baik untuk lambung, mengonsumsi bahan makanan ini sebelum makan juga dapat mengontrol asupan makanan.
  1. Hilangkan lemak
    Madu dan kayu manis sangat baik untuk menurunkan berat badan. Terutama jika dikonsumsi ketika perut masih kosong pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Hal ini untuk menghindari lemak yang terakumulasi dalam tubuh.
  1. Kurangi ngemil berlebihan
    Madu dan kayu manis dapat membantu penurunan berat badan yang cepat dan mencegah keinginan ngemil berlebihan. Kayu manis dan madu dapat menghilangkan jamur serta bakteri parasit dalam saluran pencernaan. Selain itu madu juga dapat menstabilkan kadar gula darah.