Khasiat Kucai untuk Menjaga Kesehatan Kulit

doktersehat-khasiat-kucai-untuk-kulit
Photo Credit: Pexels.com/Min An

DokterSehat.ComChives atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan daun kucai ini ternyata memiliki khasiat yang beragam terkait kesehatan kulit. Siapa yang menyangka jika daun kucai yang sebelumnya hanya digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan tersebut justru dilengkapi dengan kandungan bahan aktif yang sangat beragam. Bahkan, sejumlah daerah di Asia menggunakan daun kucai sebagai salah satu bahan obat herbal, lho! Nah, agar tidak penasaran, berikut manfaat baik daun kucai untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit:

1. Menjadikan Kulit Lebih Cerah

Dilansir dari laman Stylecraze, daun kucai ternyata juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Tidak heran jika kandungan antioksidan ini menjadikan kulit lebih cerah. Apalagi antioksidan juga dapat mengeluarkan zat-zat berbahaya yang dapat memicu sejumlah masalah seperti hyperpigmentasi yang menjadikan kulit tampak lebih kusam dan gelap.

2. Mencegah Radikal Bebas

Kandungan antioksidan pada daun kucai secara otomatis juga akan menjauhkan Anda dari dampak buruk radikal bebas. Hal ini lantaran antioksidan dapat memperkuat imunitas sel kulit dan membentuk lapisan pelindung agar polutan mau pun sinar radiasi dari UV tidak menembus dan meresap ke dalam lapisan kulit.

3. Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Kandungan vitamin A dan antioksidan pada daun kucai tentu akan memberikan hasil yang optimal terkait dengan kesehatan kulit. Kombinasi dua bahan aktif tersebut akan menjadikan kulit lebih awet muda. Apalagi antioksidan dan vitamin A menstimulasi produksi kolagen dan elastin yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Bahkan, kulit akan terasa lebih lembap.

4. Menjaga Kelembapan Kulit

Manfaat lainnya dari pengonsumsian daun kucai adalah menjaga kelembapan sel kulit. Apalagi daun kucai diketahui mengandung vitamin E yang menjadi bahan aktif penting dalam menghidrasi sel kulit. Vitamin E sendiri juga mencegah hilangnya cairan berlebih pada sel kulit. Tidak heran jika mengonsumsi atau menambahkan daun kucai pada menu harian menjadikan kulit terasa lebih lembap dan meminimalisir risiko breakout.

Siapa yang akan menyangka jika daun kucai yang biasanya hanya dijadikan bahan tambahan ini memiliki kandungan bahan aktif yang cukup beragam. Bahkan, mengonsumsi daun kucai juga menjadikan kulit terasa lebih sehat dan lembap. Kendati demikian, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi daun kucai karena dapat memberikan efek samping.