Khasiat Jitu Cengkeh

DokterSehat.com – Tak hanya memiliki aroma yang khas, cengkeh juga bermanfaat bagi kesehatan. Cengkeh juga kerap digunakan untuk menambah cita rasa makanan. Selain itu, cengkeh ternyata juga mempunyai kemampuan membersihkan dan sifat anti-inflamasi yang baik. Ada banyak khasiat yang terkandung dalam cengkeh, antara lain:



1. Mampu membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan mikroba. Dengan mengkonsumsi beberapa cengkeh maka dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

2. Cengkeh dapat membantu melindungi kerusakan yang disebabkan mikroba. Selain itu, dapat membantu merangsang energi dalam setiap bagian tubuh.

3. Cengkeh dapat membantu meringankan nyeri saat sakit gigi. Dengan memberikan sepotong cengkeh pada gigi yang sakit, maka nyeri akan mereda.

4. Cengkeh mengandung eugenol yang memberikan aroma khas, meredakan nyeri saat sakit gigi, dan membersihkan bakteri dalam mulut.

5. Tak hanya sebagai perlindungan dari dalam. Cengkeh juga bisa melndungi tubuh dari gigitan nyamuk.

6. Cengkeh memiliki sifat anti-inflamasi sehingga mampu mengobati peradangan dan infeksi.

7. Mengunyah beberapa siung cengkeh dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

8. Cengkeh juga membantu kesehatan jantung dan diabetes.

9. Cengkeh memiliki sifat pemurnian dimana rempah ini dapat membantu memurnikan darah.

Cukup tambahkan cengkeh dalam pola diet makan Anda dalam bentuk kari, sup dan hidangan utama untuk mendapatkan manfaat maksimal.