Khasiat Jintan Ternyata Mampu Membantu Penurunan Berat badan

DokterSehat.Com– Tak hanya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara rutin, kita juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menurunkan berat badan. Salah satu bahan alami yang diyakini mampu menurunkan berat badan adalah jintan. Sebenarnya, apa sajakah manfaat jintan bagi kesehatan tubuh kita?



Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Iran’s Shahid Sadoughi University of Medical Science berhasil menemukan fakta kesehatan dari jintan. Dalam penelitian ini, setidaknya ada 88 wanita yang mengalami obesitas yang dilibatkan. Para wanita ini kemudian dibagi dalam dua kelompok dimana salah satu kelompok diminta untuk mengkonsumsi satu sendok teh atau sekitar tiga gram jintan sementara kelompok lainnya hanya mengkonsumsi lima ons yoghurt. Kedua kelompok wanita yang terkena obesitas ini juga mendapatkan konsultasi nutrisi selama tiga bulan melakukan percobaan ini.

Hasilnya adalah, setelah tiga bulan, para wanita obesitas yang berada dalam kelompok yang diberi asupan jintan secara rutin ternyata mampu menurunkan berat badannya rata-rata 3 pound atau sekitar 1,3 kg. setelah dicek kadar lemak di dalam tubuhnya, para peneliti juga menemukan bahwa di dalam tubuh para wanita ini terjadi penurunan kadar lemak tubuh hingga 14,64 persen.

Yang tidak diduga adalah jintan ternyata juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Sebagaimana kita ketahui, kolesterol jahat adalah salah satu penyebab penyakit jantung yang cukup mematikan. Menurut pakar kesehatan, kandungan phytosterols di dalam jintanlah yang mampu menyerap kolesterol jahat di dalam tubuh dengan efektif.

Tak hanya menurunkan berat badan dan kadar lemak, jintan ternyata memiliki kemampuan lain dalam membantu program diet yakni dengan cara meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Melihat begitu banyak manfaat yang bisa diberikan oleh bahan alami ini. Ada baiknya kita mulai menggunakan jintan andai sedang melakukan program diet.