Khasiat Ginko Biloba untuk Perawatan Kulit

doktersehat-khasiat-ginko-biloba
Photo Credit: Flickr.com/Stefano Tranchini

DokterSehat.Com– Ginko biloba adalah tanaman khas yang berasal dari Cina dan disebut sebagai spesies tertua yang ada di bumi. Sejak zaman dulu, ginko biloba telah digunakan sebagai bahan makanan serta obat di seluruh dunia. Tidak hanya diketahui memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, kulit juga bisa mendapatkan manfaat dari tanaman ini.

1. Anti-aging

Ginko biloba kaya akan antioksidan yang dapat mencegah keriput serta tanda-tanda penuaan dini lainnya. Selain itu, tanaman ini juga memberikan efek menenangkan sehingga mampu meredakan stres yang menjadi salah satu penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini.

2. Tabir surya alami

Ginko biloba juga dapat bertindak sebagai tabir surya alami karena mampu melindungi kulit dari pengaruh bahaya matahari. Itulah mengapa kamu tentu sering menemukan tanaman ini ditambahkan dalam beberapa produk tabir surya.

3. Meredakan peradangan

Peradangan pada kulit karena alergi dan infeksi juga bisa diatasi dengan menggunakan tanaman ajaib ini. Ginko biloba mengandung sifat anti inflamasi yang sangat membantu meredakan peradangan. Khasiatnya akan semakin ampuh untuk mengatasi peradangan jika digunakan secara topikal bersama jahe dan kunyit.

4. Bermanfaat sebagai pembersih alami

Ginka Biloba juga sangat ampuh digunakan sebagai pembersih kulit alami. Mengoleskan ginko biloba pada kulit akan membantu menyingkirkan debu, minyak dan kotoran lainnya yang menumpuk pada kulit. Selain itu, bahan ini juga akan membantu membuka pori-pori tersumbat yang merupakan masalah umum akibat paparan kotoran dan polusi. Nah, sekarang kamu tahu mengapa beberapa produk pembersih kulit menambahkan ginko biloba.

5. Mencegah Masalah kulit

Ginko biloba kaya akan vitamin E yang dikenal baik untuk kulit. Karena itulah, tanaman ini mampu mencegah penyakit kulit seperti bekas luka, stretch marks, jerawat, warna kulit tidak merata, serta jerawat.

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari ginko biloba. Jadi, pastikan produk perawatan kulit Anda mengandung tanaman ini, ya!