Khasiat Emas Kulit Manggis

DokterSehat.com – Bagi kebanyakan orang, kulit manggis hanyalah bagian yang tidak bisa dinikmati dan harus dibuang. Jangan salah, walaupun tak senikmat daging buahnya, ternyata kulit manggis mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.



Beberapa penelitian menemukan adanya kandungan xanthone dalam kulit manggis. Senyawa ini bersifat anti-kanker, anti-diabetes, anti-bakteri, anti-peradangan, anti-fungi, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut ini khasiat kulit manggis untuk kesehatan:

Menjaga  Kesehatan Tubuh dan Meningkatkan Energi

Jus kulit buah manggis sangat baik untuk meningkatkan energi, menambah stamina, dan memicu perasaan bahagia. Kandungan xanthone dari kulit manggis merupakan antioksidan tingkat tinggi yang mampu mengontrol berbagai serangan penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, xanthone dan turunannya juga terbukti sebagai anti-alergi dan anti-inflamasi.

Memperbaiki Elastisitas Sel Tubuh dan Menurunkan Berat Badan

Tingginya kandungan antioksidan dalam kulit manggis mampu memperlambat proses penuan dengan cara meningkatkan regenerasi sel-sel. Kulit manggis memilki kandungan antioksidan 66,7 kali lebih tinggi dari wortel dan 8, 3 kali dari kulit jeruk.

Xanthone merupakan antioksidan yang sangat efektif mengikat radikal bebas penyebab rusaknya sel tubuh. Selain itu, senyawa ini juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan menyeimbangkan kadar hormon yang bisa menstimulasi timbunan lemak dalam tubuh.

Menyeimbangkan Sistem Kelenjar Endokrin

Xanthone mampu menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin agar dapat memproduksi semua hormon dan neurokimia dengan seimbang pula. Senyawa ini juga mampu mempercepat pemulihan luka dan mengeluarkan racun dari hati.

Menjaga Kesehatan Otak

Antioksidan dalam buah manggis mampu mencegah penyakit akibat penurunan fungsi otak seperti alzheimer dan demensia. Flavonoid yang terkandung dalam kulit manggis juga baik untuk menghentikan kerusakan ringan pada memori otak.

Baca Juga:  Tinggi Badan dan Pertumbuhan Tulang Rawan

Mengatasi Stres

Saat stres tubuh akan memproduksi secara berlebihan hormon kortisol. Dalam kondisi ini, senyawa xanthone dalam kulit manggis akan menyeimbangkan kadar hormon kortisol secara alami sehingga tubuh akan menekan tingkat stres dan meningkatkan mood.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kulit manggis juga mampu menurunkan kandungan asam yang tinggi pada lambung. Senyawa antimikroba dalam kulit manggis mampu mengatasi jamur, parasit, dan bakteri dalam perut. Zat antimikroba juga mampu mengatasi iritasi pada usus kecil dan usus besar yang menyebabkan diare dan gangguan fungsi pencernaan.

Mencegah Batu Ginjal

Rutin mengonsumsi ekstrak kulit manggis dapat membuat Anda lebih sering buang air kecil. Hal ini dapat mencegah timbulnya masalah batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Anti kanker

Kandungan xanthone dalam kulit dan buah manggis bersifat anti proliferasi danapoptosis yakni, efektif untuk menghambat pertumbuhan sekaligus menghancurkan sel-sel kanker.

Mencegah Penyakit Jantung

Seduhan kulit manggis juga dapat mengatur tekanan darah dan detak jantung. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari serangan stroke dan penyakit jantung koroner.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi kulit manggis dapat menyebabkan gangguan pencernaan akibat kandunga resin, tanin, dan serat kasar di dalamnya.

Dari berbagai sumber