Khasiat Daun Jelatang untuk Kulit

khasiat-jelatang-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Daun Jelatang yang kerap disebut sebagai salah satu tumbuhan yang merugikan ini ternyata memiliki kandungan zat aktif yang mampu melindungi kulit. Bahkan, di luar sana daun Jelatang termasuk ke dalam salah satu bahan herbal yang ampuh menjaga kesehatan kulit. Tidak heran jika sejumlah produk perawatan kulit di luar menambahkan ekstrak dari daun Jelatang sebagai salah satu formula andalannya. Berikut manfaat daun Jelatang untuk kulit dilansir dari laman Jalue.

1. Meredakan Peradangan

Salah satu kandungan zat aktif yang ada di dalam daun Jelatang adalah zat anti peradangan. Zat satu ini tentu saja sangat membantu dalam meredakan masalah peradangan atau ruam yang terjadi di kulit. Baik yang disebabkan oleh masalah alergi atau pun infeksi bakteri seperti jerawat. Tidak hanya meredakan peradangan, daun Jelatang juga mengurasi rasa gatal yang ditimbulkan.

2. Menjadikan Kulit Tampak Lebih Bercahaya

Daun Jelatang juga dilengkapi dengan vitamin A, C dan B kompleks yang memang diperlukan dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin-vitamin tersebut tidak hanya membantu kelembapan kulit saja, tetapi juga ampuh dalam mempercepat proses rejuvenasi sel-sel kulit. Lebih lanjut, kandungan vitamin yang cukup beragam tersebut juga ampuh dalam melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas.

3. Mengatasi Sebum Berlebih

Anda yang memiliki masakah dengan pori-pori besar tentu sudah akrab dengan elsebum berlebih. Biasanya masalah satu ini dapat diatasi hanya dengan mengaplikasikan astringent. Astringent merupakan salah satu bahan alami yang ampuh memperkecil ukuran pori-pori sekaligus menyerap kelebihan minyak yang ada. Fungsi yang demikian rupanya juga ditemukan pada penggunaan ekstrak daun Jelatang.

Kendati daun Jelatang memiliki khasiat yang sangat beragam bagi kulit, pastikan Anda menggunakan olahannya yang sudah berbentuk dalam minyak esensial. Produk satu ini lebih banyak mengandung zat aktif dan Mudha untuk diaplikasikan.