Citronella Oil, Minyak Serbaguna yang Menjaga Kesehatan Kulit

doktersehat-khasiat-citronela-oil
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Bicara soal minyak esensial yang berfungsi untuk merawat dan menjaga kecantikan kulit, maka Anda akan menemukan minyak citronella. Minyak yang juga kerap disebut sebagai gandhatrina ini merupakan minyak yang diolah dari salah satu jenis lemon grass. Tidak heran jika minyak citronella memiliki aroma yang sangat menyegarkan. Kendati memiliki aroma yang menyegarkan, minyak citronella ternyata juga memiliki kandungan bahan aktif yang baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

1. Mendetoksifikasi Kulit

Dilansir dari laman Stylecraze, salah satu manfaat dari penggunaan minyak citronella adalah sebagai bahan yang ampuh mendetoksifikasi zat toksin di dalam tubuh. Sebagai tambahan informasi, kandungan zat toksin pada tubuh juga memiliki pengaruh pada kesehatan kulit. Bahkan, banyaknya zat toksin pada tubuh rentan memicu sejumlah masalah kulit. Mulai dari jerawat hingga breakout yang cukup serius.

2. Meredakan Peradangan

Masalah kulit berjerawat biasanya kerap dibarengi dengan kulit yang meradang. Tentu saja kondisi yang demikian membuat Anda dibuat tidak nyaman. Apalagi peradangan tersebut kerap dibarengi dengan rasa nyeri dan gatal yang cukup menyiksa. Namun, siapa yang menyangka jika peradangan yang menyiksa tersebut dapat diatasi dengan mengoleskan minyak citronella. Tidak hanya mengandung bahan anti peradangan, minyak citronella juga dilengkapi dengan soothing agent yang menjadikan kulit terasa lebih segar dan relaks.

3. Mencegah Infeksi

Sebagai organ tubuh terluar, kulit tentu saja akan mengalami kontak langsung dengan bahan-bahan asing yang dapat merusak kesehatan kulit. Apalagi jika kulit sudah diserang oleh mikroba, jamur, mau pun bakteri yang cukup berbahaya. Kondisi yang demikian justru membuat kulit mudah terinfeksi. Namun, hal tersebut rupanya dapat dicegah dengan minyak citronella. Minyak citronella memiliki kandungan antiseptik yang menjaga kulit tetap steril.

Buah citronella atau jeruk nipis kuning ini rupanya memiliki kandungan bahan aktif yang cukup beragam. Tidak heran jika sejumlah orang kerap menggunakan air perasannya menjadi masker. Namun, Anda yang tidak ingin repot dapat mengaplikasikan minyak esensial dari citronella.