Mengenal Bulgur dan Khasiatnya untuk Kesehatan Kulit

doktersehat-khasiat-bulgur-untuk-kulit
Photo Credit: Pexels.com/Min An

DokterSehat.Com– Bicara soal kecantikan dan kesehatan kulit, ternyata terdapat beragam cara dan bahan untuk mendapatkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti bulgur. Bulgur atau yang juga dikenal dengan ala merupakan salah satu jenis dari biji-bijian utuh yang terbuat dari gandum. Bulgur sendiri sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Timur Tengah dan Mediterania sebagai bahan makanan dan juga sebagai bahan perawatan tubuh secara alami. Tidak heran jika banyak masyarakat Timur Tengah dan Mediterania yang akhirnya memanfaatkan bulgur untuk mendapatkan kulit yang sehat. Apalagi bulgur juga dilengkapi dengan beragam bahan aktif di dalamnya.

1. Meredakan Peradangan

Dilansir dari laman Beauty and Tips, bulgur ternyata mengandung bahan anti peradangan. Tentu saja kandungan bahan tersebut menjadikan bulgur sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan untuk meredakan jerawat pada kulit. Lebih lanjut, Anda juga dapat menggunakan bulgur untuk mengobati psoriasis dan eksim yang kerap menimbulkan ruam pada kulit.

2. Menjadikan Kulit Tampak Lebih Glowing

Kandungan zat besi pada bulgur menjadikan darah lebih banyak mengangkut oksigen. Hal tersebut tentu saja baik untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk kulit. Bahkan, sel kulit yang memperoleh asupan oksigen dengan cukup akan tampak lebih cerah dan glowing.

3. Menjaga Kulit Tetap Kencang

Bertambahnya usia kerap membuat kulit mengalami sejumlah masalah. Namun, jangan khawatir karena hal tersebut dapat diatasi dengan bulgur yang mengandung zat besi. Kandungan zat besi pada bulgur dapat menstimulasi produksi kolagen yang menjaga kulit tetap kencang dan bebas keriput.

4. Mencegah Jerawat dan Breakout

Salah satu penyebab kulit mengalami masalah adalah pH yang tidak seimbang. Hal ini tentu membuat bakteri mau pun jamur lebih mudah berkembang biak dan menginfeksi kulit. Namun berbeda halnya jika Anda mengonsumsi bulgur. Apalagi bulgur dapat mengembalikan pH ke angka normal yang menjadikan sel kulit tetap sehat dan lembap.

Wah, siapa yang menyangka jika salah satu hasil olahan dari gandum ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit. Kendati masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia, bulgur rupanya sudah banyak tersedia dalam bentuk kering mau pun ekstrak yang dijadikan minyak esensial. Tidak heran jika Anda dapat menggunakan bulgur dalam berbagai cara.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik