informasi kesehatan


Khasiat Buah Pepaya

Khasiat Buah Pepaya

Doktersehat.com – Pepaya merupakan buah yang dapat Anda konsumsi kapan saja. Selain mudah didapat, pepaya juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Salah satu khasiat pepaya adalah dapat memperlancar sistem pencernaan.

Pepaya mengandung ‘papain’ yang dapat membantu dalam pencernaan dengan memecah protein. Pepaya merupakan sumber serat yang baik, folat, vitamin A, karotenoid, lutein, lycopene dan asam amino esensial yang mempengaruhi fungsi sel yang tepat.

Selain itu, pepaya memiliki vitamin E empat kali lebih banyak, 33 persen vitamin C lebih banyak, 50 persen kalium lebih banyak dan kalori lebih sedikit daripada jeruk. Kandungan vitamin C dalam buah pepaya juga membantu memberikan cadangan energi serta bantu orang untuk mendapatkan tidur yang baik.

Dilansir dari detikhealth, satu buah pepaya utuh memiliki kalori yang rendah. Satu buah pepaya ukuran medium panjang 5 inci (12,7 cm) dan diameter 3 inci (7,6 cm) hanya mengandung 119 kalori, kurang dari 0,5 g lemak, 24 g gula alami dan 5,5 g serat.

Selain daging buahnya, kulit pepaya juga kaya akan nutrisi. Namun perlu diingat, bahwa kulit pepaya yang baik untuk dikonsumsi adalah kulit pepaya organik, tanpa bahan kimia dan residu pestisida. Kulit pepaya dipercaya ampuh untuk mengobati ruam dan terbakar sinar matahari, serta untuk menghilangkan noda-noda hitam karena penuaan.

Daun buah pepaya juga ikut memberikan konstribusi pada kesehatan manusia. Para peneliti di University of Florida menggunakan ekstrak daun pepaya kering untuk menemukan efek dramatis pepaya terhadap 10 jenis tumor. Penduduk asli di Australia juga telah berhasil menggunakan ekstrak daun pepaya untuk mengendalikan kanker tanpa toksisitas.

Terakhir, akar dan biji pepaya. Selama berabad-abad, akar dan biji pepaya digunakan untuk membuat teh, yang berkhasiat untuk mengusir parasit, mengurangi perdarahan, kolik ginjal dan penyakit kuning, Sekitar 20 biji pepaya mengandung protein yang sangat mudah dicerna, bisa dikunyah atau ditelan untuk menghilangkan sebagian besar parasit.

Sebuah studi dari Nigeria dan diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa biji pepaya kering adalah pengobatan yang efektif murah, alami dan banyak tersedia untuk parasit usus manusia tanpa efek samping yang signifikan.

Sumber: Wolipop.detik.com

pf button both Khasiat Buah Pepaya
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>