Khasiat Ampuh Asam Jawa

DokterSehat.com – Asam jawa dikenal sebagai bumbu dapur yang berguna menambah cita rasa masakan. Namun, dibalik rasanya yang asam ternyata asam jawa memiliki banyak khasiat seperti mengobati asma, demam, batuk, sakit panas, sakit perut, rematik, sariawan, bisul, morbili,biduran, luka, dan masih banyak lagi.



Bumbu dapur yang memiliki cita rasa asam ini mengandung senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh, seperti asam sitrat, asam appel, asam tartar, pectin, asam anggur, asam suksinat, dan gula invert. Kulit bijinya mengandung phlobatanin dan bijinya mengandung albuminoid serta pati. Asam jawa bisa Anda manfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit berikut ini:

1. Asma

Caranya: rebuslah 2 potong kulit asam jawa dan adas pulawaras dalam 1 liter air mendidih lalu saring. Tunggu hingga suhu air agak dingin dan siap diminum. Konsumsilah minuman ini secara teratur 2 kali sehari.

2. Batuk Kering Bahan:

Caranya: rebuslah 3 polong buah asam jawa dan setengah gengggam daun saga dalam 4 gelas air hingga mendidih dan tinggal 1 gelas air. Saring air rebusan tadi dan minum bila sudah dingin. Konsumsilah minuman tersebut 2 kali sehari setiap pagi dan sore

3. Demam

Caranya: Rebus 1 genggam daun asam jawa dan adas pulawaras secukupnya dalam ½ liter air hingga mendidih, lalu saring. Konsumsi 2 kali sehari tiap pagi dan sore.

4. Sakit Panas

Caranya: Sedulah 2 polong buah asam jawa yang telah masak dan garam secukupnya dalam 1 gelas air panas, kemudian disaring. Bagi ibu hamil tidak diperbolehkan minum resep ini.

5. Reumatik

Caranya: Tumbuk halus 1 genggam daun asam jawa dan 2-3 biji asam lalu kompres di bagian yang sakit.

6. Sakit perut

– Caranya: Campur rata 3 polong buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya lalu gosokan di bagian perut.

– Caranya: Sedulah 3 polong buah asam jawa dan1 potong gula aren dalam 1 gelas air panas, lalu disaring. Minum seperti biasa.

Baca Juga:  Tips Mudah Atasi Rasa Pegel Di Leher

– Caranya: Parut 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari lalu campurkan dengan 2 polong buah asam jawa dan1 potong gula kelapa. Kemudian seduh dengan 1 gelas air panas, lalu disaring. Ramuan pun siap diminum.

7. Morbili

Caranya: Parutlah 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari lalu campur dengan 1 – 2 potong buah asam jawa yang telah masak hingga rata. Kemudian gosoklah di rubuh penderita morbili.

8. Alergi/Biduren (Jawa)

Caranya:  Rebuslah 2-3 golong buah asam jawa yang telah tua, garam secukupnya, dan ¼ sendok kapur sirih dalam 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring. Kemudian minum 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

9. Sariawan

Caranya: Rebuslah 2 polong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari dan1 potong gula kelapa sampai mendidih dan menyisakan 1 gelas air rebusan. Saring air rebusan tadi lalu minum.

10. Luka baru

Caranya: daun asam jawa dikunyah sampai lumat kemudian ditempelkan pada luka.

11. Luka borok

Caranya: Tumbuk halus beberapa biji asam jawa lalu tempelkan pada luka, kemudian diperban.

12. Eksim dan Bisul

Caranya: Tumbuk hingga halus 1 genggam daun asam jawa yang masih muda) dan 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

13. Bengkak karena disengat lipan atau lebah

Caranya: Tumbuk halus 3 – 5 biji asam jawa. Lalu bersihkan bagian yang bengkak terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih, kemudian ditaburi/ditempeli dengan bubukan biji asam jawa tersebut.

14. Mencegah rambut rontok

Caranya: Sebelum keramas dengan shampo, kepala dimasage terlebih dahulu dengan buah asam jawa yang telah masak yang dicampur sedikit air. Kemudian rambut dicuci bersih.

15. Gigitan ular biasa

Caranya: Belah biji asam jawa menjadi dua lalu belahan biji bagian dalam ditempelkan pada luka bekas gigitan ular tersebut. Gunakan jumlah biji sesuai dengan kebutuhan.