Keuntungan Menjadi Seorang Vegetarian

DokterSehat.Com – Menjadi seorang vegetarian merupakan salah satu pilihan hidup sehat. Mereka yang vegetarian hanya akan mengkonsumsi asupan makanan nabati dan meninggalkan protein dari daging-dagingan. Gaya hidup vegetarian selain menyelamatkan satwa langka juga ternyata memiliki banyak manfaat yang menguntungkan. Apa saja keuntung –keuntungan yang di dapat oleh seseorang vegetarian? Yukk simak dibawah ini:



1. Menerapkan gaya hidup sehat – Pola makan vegetarian berarti megurangi asupan lemak dengan kolesterol serta membuat tubuh mendapatkan lebih banyak nutrisi dan vitamin. Saat menjadi vegetarian secara otomatis asupan makanan berupa sayuran segar serta buah-buahan. Nutrisi dan vitamin dari sayuran dan buah segar membuat tubuh lebih sehat dan bisa terhindar dari berbagai penyakit.

2. Kulit Lebih Sehat – Mengkonsumi sayuran yang mengandung banyak mineral bisa mempercantik dan menyehatkan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan mineral serta antioksidan dapat melancarkan sirkulasi darah dan menjaga pigmen kulit. Dengan mengkonsumsi sayuran segar dan mentah, tubuh juga dapat terhindar dari zat jahat yang disebut Advanced Glycation Endproducts atau AGEs. Senyawa AGEs ini dapat muncul ketika makanan dimasak dengan suhu tinggi. Sebuah penelitian menemukan bahwa zat tersebut menjadi penyebab penuaan dini, keriput, dan peningkatan lemak di perut.

3. Mengurangi berat badan – Menjadi seorang vegetarian memiliki keuntungan untuk menjaga bentuk tubuh. Selain itu banyak mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak serat bisa melancarkan pencernaan. Buah dan sayur juga bisa menjaga perut agar tetap kenyang lebih lama serta rendah kalori.

4. Sehatkan Pikiran – Selain bermanfaat untuk tubuh, memakan sayuran lebih banyak akan berdampak baik untuk kesehatan pkiran. Sebuah penelitian yang dilakukan di British Journal of Health Psychology menemukan bahwa aspuan sayuran yang besar juga dapat menghasilkan lebih banyak energi, ketenangan, perasaan bahagia, dan dampak positif pada suasana hati lainnya.

Baca Juga:  Mengenal Penyakit Kanker Untuk Memahami Cara Mencegahnya

5. Mendapat asupan makanan bergizi – Pola makan vegetarian yang hanya mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan meghindari segala bentuk daging membuat tubuh lebih sehat. Karena pola makan seperti ini mencegah asupan kolesterol dan lemak yang tinggi. Biasanya vegetarian akan mengganti asupan daging dengan kedelai. Kedelai sendiri memiliki protein yang tinggi dan tidak memiliki efek buruk bagi kesehatan.

6. Meningkatkan Hormon Seksual – Makanan nabati yang didapat dari sayuran atau buah-buahan seperti stroberi, kacang almond, ubi, dan semangka, dipercaya bermanfaat meningkatkan libido dan hormon seskual pada tubuh. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan di Ceko menemukan, bau tubuh seorang vegetarian diakui lebih menarik dan dan menyenangkan daripada mereka yang sering memakan daging.

7. Menghemat uang – Daging hewan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan sayur dan buah yang segar. Sehingga selain mendapat manfaat kesehatan, seorang vegetarian bisa lebih menghemat.