Keuntungan Mengkonsumsi Air Putih Selama Hamil

DokterSehat.com – Khasiat air putih bagi kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Selain mencegah terjadinya dehidrasi, air putih juga berkhasiat mencegah munculnya stretch mark pada ibu hamil. Tak hanya itu saja, masih banyak lagi manfaat mengkonsumsi air putih selama hamil, antara lain:



Mengurangi sakit kepala

Selama hamil, masalah sakit kepala kerap kali muncul. Kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan sistem hormon, cairan tubuh, dan kelelahan. Mengkonsumsi air putih secara rutin dan seimbang dipercaya bisa mengurangi sakit kepala bahkan bisa menghilangkan sakit sama sekali.

Mencegah dehidrasi  dan penumpukan cairan

Dehidrasi yang dialami wanita hamil pada akhirnya bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala, sakit punggung, dan masalah pada ginjal. Dengan mengkonsumsi air putih dengan cukup maka bisa mencegah munculnya dehidrasi. Selain itu, asupan air putih yang cukup bisa mengurangi risiko terjadinya penumpukan cairan pada organ tubuh seperti persendian, kaki, dan tangan. Penumpukan cairan selama hamil biasanya disebabkan oleh peredaran cairan yang kurang lancar dalam tubuh dan tekanan berat bayi pada pembuluh darah kaki, tangan, dan persendian sehingga terjadi pembengkakan.

Mencegah munculnya stretch mark

Seiring bertambahnya usia kehamilan seringkali muncul stretch mark di kulit. Sebenarnya stretch mark terjadi akibat kulit yang kekurangan nutrisi dan tidak terhidrasi tertarik karena makin besarnya ukuran kandungan. Kulit yang kurang nutrisi dan kurang terhidrasi nantinya akan meninggalkan guratan-guratan pada kulit. Tapi, asupan air putih yang seimbang mampu menjaga kulit dan mencegah stretch mark. Kulit menjadi lembut dan elastis sehingga bisa meminimalisir terjadinya stretch mark.

Menghilangkan racun

Selama hamil makanan apapun yang masuk ke dalam tubuh bisa masuk ke dalam tubuh janin juga. Artinya, makanan yang mengandung senyawa berbahaya atau racun yang masuk ke tubuh ibu otomatis bisa diserap janin. Karena itulah sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi air putih seimbang sebelum dan setelah makan. Air putih bisa menghalau racun dan membantu kinerja hati dan ginjal untuk mengekskresi racun dari dalam tubuh si ibu hamil.

Baca Juga:  Kacamata Hitam Bisa Rusak Kulit Wajah?

Menyeimbangkan suhu tubuh

Umumnya suhu tubuh wanita akan mengalami kenaikan pada awal kehamilan. Kondisi ini disebabkan oleh kinerja hormon-hormon kehamilan. Ketidakseimbangan suhu tubuh bisa menyebabkan wanita hamil menjadi mudah lelah dan mengalami konstipasi. Untuk mengatasinya, sebaiknya konsumsi lebih banyak air putih ketimbang minuman lain seperti kopi atau teh. Air putih mudah diserap oleh tubuh dan dapat membantu menyeimbangkan suhu tubuh yang kurang stabil selama masa kehamilan.

Mengkonsumsi air putih secara seimbang dan teratur selama kehamilan sangat disarankan. Alangkah baiknya jika jumlah air putih yang dikonsumsi disesuaikan dengan perbandingan massa tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut jumlah air putih yang wajib dikonsumsi selama masa kehamilan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda karena bisa saja kebutuhan Anda lebih atau kurang dari yang seharusnya.