Ketombe Ternyata Memiliki Jenis Yang Berbeda-Beda

DokterSehat.Com – Salah satu masalah pada rambut yang sangat menyebalkan adalah ketombe. Selain terlihat jorok, ketombe yang merupakan serpihan kulit kepala berwarna putih yang berjatuhan pada baju ini bisa membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri. Tahukah anda, ternyata ada beberapa jenis ketombe yang bisa menyerang rambut dan kulit kepala. Dengan mengetahui lebih baik jenis-jenis ketombe, kita pun akan memiliki kesempatan lebih baik dalam menangani masalah ini dengan lebih efektif.

doktersehat-obat-kumur-atasi-ketombe

Ketombe jenis pertama adalah yang diakibatkan oleh masalah kulit kering. Ketombe yang muncul karena memiliki rambut yang juga berada dalam kondisi kering ini adalah masalah ketombe yang paling umum diketahui. Selain karena sering mencuci rambut sehingga kulit kepala rentan kehilangan kelembaban alaminya, penyebab lain dari jenis ketombe ini adalah kebiasaan mencuci rambut dengan air hangat sehingga kulit kepala pun cenderung kering sekaligus bersisik.

Ketombe berikutnya yang juga cukup umum menyerang rambut dan kulit kepala dalah yang disebabkan oleh kondisi rambut yang sangat berminyak. Biasanya, ketombe ini disebabkan oleh penggunaan shampoo yang tidak cocok dengan kondisi rambut sehingga rambut dan kulit kepala tidak benar-benar bersih dan minyak sebum pun menahan sel kulit mati dan berbagai kotoran lainnya sehingga menyebabkan ketombe muncul.

Ketombe ternyata juga bisa disebabkan karena masalah jamur. Hanya saja, masalah jamur ini juga berkaitan erat dengan kondisi kulit kepala yang memiliki minyak berlebihan. Minyak berlebihan pada kulit kepala bisa menyebabkan jamur malassezia berkembang biak dengan pesat dan memproduksi oleic acid, sebuah senyawa yang bisa membuat regenerasi pada kulit kepala menjadi lebih cepat dan pada akhirnya menyebabkan ketombe.

Ketombe ternyata juga bisa disebabkan karena kondisi penyakit tertentu, seperti eksim atau psoriasis. Eksim sendiri dikenal luas sebagai penyakit yang bisa menyebabkan gatal-gatal dan kulit kepala bersisik. Sementara itu, psoriasis akan menyebabkan regenerasi pada sel kulit kepala berlangsung dengan berlebihan sehingga kulit kepala yang tercampur dengan minyak sebum dan berbagai kotoran lainnya akan menyebabkan ketombe yang muncul dalam jumlah yang sangat banyak.