Ketombe Ternyata Juga Bisa Muncul Di Janggut Lho

DokterSehat.Com– Kini semakin banyak pria yang memilih untuk memelihara janggut atau brewok agar bisa terlihat lebih macho dan tampan. Mengingat janggut atau brewok ini memiliki bentuk yang mirip dengan rambut, maka ada baiknya kita juga menjaga kebersihan dan kesehatannya dengan baik agar tidak terkena masalah kesehatan layaknya ketombe. Ya, tak disangka, ketombe yang kerap muncul pada rambut kepala ternyata juga bisa muncul pada janggut kita. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-Hirsutisme-Rambut-Berlebih

Pakar kesehatan Hooman Khorasani dari Mount Sinai’s Icahn School of Medicine berkata bahwa ketombe memang bisa muncul pada janggut. Namun, ketombe pada janggut ini ternyata berbeda dengan ketombe yang ada pada rambut kepala. Biasanya, bentuk ketombe pada janggut ini lebih mirip layaknya serpihan kulit mati yang baru muncul andai kita menggaruk janggut. Serpihan ini juga cenderung jauh lebih kasar, memiliki warna yang kekuningan, dan sangat mirip dengan kulit kering yang terkelupas.

Mengapa janggut bisa berketombe? Pakar kesehatan ternyata belum benar-benar memastikan hal ini. Namun, ada sebagian pakar kesehatan yang menganggap kondisi ini disebabkan oleh tungau. Tak sembarang tungau, tungau berjenis demodex folliculorum-lah yang diyakini bisa memicu ketombe pada janggut. Tungau yang memiliki ukuran sangat kecil ini ternyata bisa hidup pada folikel rambut yang ada di sekitar pipi atau alis. Yang menjadi masalah adalah, andai di dalam janggut kita memiliki cukup banyak tungau, maka dikhawatirkan bagian kulit area tersebut akan terkena iritasi. Tak hanya karena tungau, ketombe pada janggut juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan dermatitis seboroik.

Khorasini menyebutkan bahwa tanpa disadari, 40 persen dari total seluruh manusia di dunia ternyata bisa mengalami ketombe yang muncul pada alis, area sekitar hidung, atau bahkan di bulu dada. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita mulai rajin menjaga kebersihan tubuh, khususnya pada janggut, agar tidak terkena masalah ketombe.