Ketiak Hitam? Pemutih Alami Siap Menghilangkannya

DokterSehat.com– Dunia fashion selau memiliki tema yang berubah-ubah pada trend mode yang dihadirkan. Terlebih lagi fashion wanita yang selalu beragam, unik, dan fresh. Salah satunya adalah mode fashion tanpa lengan yang dapat dipakai untuk berbagai acara, baik itu resmi, casual, maupun santai mulai dari blouse, dress, long dress, dan masih banyak lagi. Namun bagi sebagian perempuan mengalami kendala saat memakainya. Mereka terkadang tidak percaya diri dengan warna kulit ketiaknya yang menghitam. Sehingga menjadi urung untuk memilih pakaian dengan mode baju tanpa lengan.

3

Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir dengan masalah ini. Warna ketiak yang menghitam dapat diputihkan menggunakan cara yang alami. Namun, sebelum mengetahui apa saja tips yang harus dilakukan, alangkah baiknya jika mengetahui apa saja penyebab ketiak yang menghitam agar Anda menghindarinya.

Cukurlah bulu ketiak dengan cara membasahi permukaan ketiak terlebih dahulu. Namun sebaiknya Anda tidak mencabuti bulu ketiak, gunakan cara waxing atau sugaring wax. Sugaring merupakan metode waxing menggunakan gula atau madu yang dikentakan, yaitu dengan cara mengoleskannya pada permukaan kulit yang akan dicabut kulitanya, kemudian gunakan kain atau kertas yang ditempelkan diatasnya dan cabut. Metode ini akan memberikan hasil yang cukup maksimal. Jika Anda menggunakan berbagai cara dan hasilnya kurang maksimal, mungkin karena pisau cukur yang kurang tajam yang dapat mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat, sehingga membuat daerah permukaan ketiak menjadi hitam. Selain itu, kesalahan dalam memilih produk deodorant juga dapat mengakibatkan permukaan kulit ketiak menjadi hitam. Terkadang karena kandungannya yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

Sedangkan cara untuk menghilangkannya memang dapat digunakan dengan produk pemutih ketiak yang beredar. Namun ada cara yang lebih sederhana menggunakan bahan-bahan alami. Bahan ini tentunya akan jauh lebih aman karena tidak mengadung bahan-bahan kimia.

Baca Juga:  Kenapa Harus Menahan Haus Saat Bepuasa?

Pertama dapat digunakan lemon dan mentimun. Campurkan perasan lemon dan air dari mentimun, kemudian oleskan pada daerah sekitar ketiak selama kurang lebih 20 menit. Kemudian bilas dengan air. Selain itu, dapat pula digunakan campuran kapur sirih dan air jeruk nipis yang dioleskan pada ketiak rutin setelah mandi. Sehingga tidak perlu lagi mengggunakan  deodorant. Cara ini membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu. Ada satu jenis bahan lagi yang terbukti ampuh untuk memutihkan kulit pada ketiak, yaitu pepaya. Gunakan parutan pepaya yang hampir matang, kemudian oleskan parutan tersebut pada ketika selama kurang lebih lima menit, dan bilas. Khasiat pepaya tidak hanya memutihkan tetapi juga dapat menghilangkan bau tak sedap pada ketiak.