Ketahui Tanda Awal Kehamilan

DokterSehat.com – Tes kehamilan merupakan cara paling mudah untuk mengetahui Anda hamil atau tidak. Namun, terkadang usia kehamilan yang masih terlalu awal belum bisa dideteksi oleh alat tes kehamilan. Sebenarnya tanda-tanda kehamilan bisa Anda rasakan sendiri dengan adanya perubahan seperti berikut ini:



1. Kelelahan
Gejala paling umum dari awal kehamilan adalah munculnya kelelahan yang ekstrim. Oleh karena itu, bila Anda merasa sangat lelah jangan buru-buru minum kafein yang berlebihan karena bisa jadi Anda sedang hamil. Istirahat merupakan cara jitu untuk mengusir kelelahan.

2. Keengganan terhadap makanan
Salah satu tanda-tanda pertama dari awal kehamilan adalah penghindaran makanan tertentu.  Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon beta-hCG. Sebaiknya hindari makanan yang bisa membuat Anda merasa tidak nyaman.

3. Sensitif dengan bau
Aroma tertentu seperti asap rokok bahkan parfum bisa membuat Anda mual selama tahap-tahap awal kehamilan ini. Hal ini mungkin akibat dari meningkatnya kadar hormon.

4. Mual dan Muntah
Mual dan muntah merupakan pertanda bahwa Anda sedang hamil. Hal ini disebabkan meningkatnya kadar hormon pada awal kehamilan. Biasanya rasa mual dan muntah akan berlangsung selama 19 minggu. Kondisi ini dikarenakan meningkatnya kadar hormon beta-HCG, yang dapat menyebabkan morning sickness.

Untuk mengatasinya sebaiknya lebih sering makan dan camilan sebelum tidur. Konsumsi lemon dan permen rasa peppermint juga dapat mengurangi rasa mual. Sementara vitamin prenatal juga dapat memicu mual bagi beberapa calon ibu bila dikonsumsi saat perut kosong. Jika Anda sering muntah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

5. Payudara membengkak dan terasa lembut
Perubahan payudara mungkin tanda awal kehamilan lainnya. Hal terbaik yang harus dilakukan saat payudara terasa nyeri adalah dengan menggunakan bra yang lebih baik.

Baca Juga:  Apa Itu Blighted Ovum Atau Kehamilan Kosong?

6. Sering buang air kecil
Pada awal kehamilan, rahim tumbuh dan mendorong kandung kemih sehingga memicu ibu hamil  untuk buang air kecil lebih sering. Supaya tidur Anda tidak terganggu akibat hasrat ingin buang air kecil sebaiknya usahakan sebelum tidur untuk buang air kecil terlebih dahulu.

 7. Sesak Nafas
Beberapa wanita merasa agak sesak napas ketika mereka pertama kali hamil dan kadang-kadang muncul selama kehamilan. Hal ini dikarena tubuh membutuhkan oksigen lebih banyak karena embrio berkembang. Walau demikian, Anda juga perlu melakukan konsultasi ke dokter, terutama bila sesak napas yang Anda alami menunjukkan gejala seperti berikut:

  • Mendadak sesak napas meski tidak melakukan aktivitas berat seperti olahraga
  • Sakit saat bernapas
  • Sesak napas makin memburuk saat Anda berbaring

8. Perubahan Fisik
Saat hamil, tubuh akan mengalami perubahan seperti warna vagina dan kelembutan leher rahim .

Perlu diingat bahwa tanda-tanda awal kehamilan ini juga termasuk gejala lain sindrom pramenstruasi (PMS). Tanda awal yang paling dapat diandalkan kehamilan adalah terlambat haid pertama jika Anda memiliki siklus haid teratur.