Ketahui Resiko Terlalu Banyak Minum Air Putih

DokterSehat.Com – Kita semua mengetahui bahwa mengkonsumsi banyak air bermanfaat baik untuk tubuh. Karena dengan mengkonsumsi banyak air maka racun dari tubuh akan dapat dinetralisir dan dikeluarkan lewat air seni. Namun, baru-baru ini peneliti mengingatkan agar jangan berlebihan dalam meminum air putih, karena berisiko terjadinya keringat berlebih.



Di kota London, Inggris, ratusan orang berbondong-bondong mengunjungi rumah sakit (RS) setiap tahunnya dengan keluhan mengalami keringat berlebih. Merasa risih, mereka meminta dokter agar melakukan operasi pengangkatan kelenjar keringat.

Dari jumlah yang cukup banyak itu, sebagian besar dari pasien tersebut diketahui berlebihan dalam meminum air putih per harinya.

Ahli Bedah Konsultan Vaskular di the Whiteley Clinic, London, Profesor Mark Whiteley, mengatakan, di dunia medis kondisi semacam ini dikenal dengan hiperhidrosis. Ini terjadi pada pasien yang menjadi korban iklan air putih dalam kemasan yang mengatakan seseorang harus minum dua atau tiga liter sehari.

Secara medis Mark beranggapan bahwa iklan itu menyesatkan dan tidak benar sama sekali. Apabila ada seorang dokter yang menyarankan agar Anda meminum air putih sebanyak dua liter sehari, Anda berisiko mengalami gagal jantung, dan si dokter akan dipecat.

Jika Anda minum berlebih, ginjal harus bekerja ekstra keras untuk menyingkirkan beban cairan ini, kata Mark dikutip dari Daily Mail, Rabu (28/1/2015).

Menurut Mark, kita tidak perlu minum air putih dalam jumlah berlebih. Alasannya, setengah liter cairan yang diterima tubuh, dimetabolisme dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

BACA JUGA : Konselor Kesehatan Mental