Ketahui Gejala Stroke Ini Sebelum Terjadi Pada Anda

DokterSehat.Com – Tidak ada yang tahu kapan seseorang akan mengalami musibah, termasuk juga musibah kesehatan seperti stroke secara mendadak. Namun sebenarnya tidak ada yang mendapat penyakit secara mendadak. Semua pasti ada prosesnya, termasuk serangan stroke. Yang perlu Anda tahu adalah mengenali gejala-gejalanya.

15

Berikut ada beberapa gejala yang bisa ditandai sebelum serangan stroke, antara lain adalah :

  • Kesulitan bernafas
    Karena pengaturan pernapasan juga berada di otak, tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan bernafas sebagai tanda datangnya serangan stroke. Kesulitan bernafas ini bisa disertai dengan meningkatnya detak jantung.
  • Mimisan
    Stroke juga bisa ditandai dengan adanya mimisan. Ini adalah gejala awal stroke yang dipengaruhi oleh tingginya tekanan darah sehingga menyebabkan pembuluh-pembuluh darah kecil pecah. Jika gejala lainnya seperti pusing, mati rasa atau kehilangan penglihatan muncul disertai dengan mimisan, itu adalah gejala stroke.
  • Sakit kepala parah
    Sakit kepala yang tiba-tiba dan parah disertai rasa mati rasa pada bagian tubuh tertentu, maka ada yang salah dengan otak Anda. Jika Anda juga mengalami peningkatan denyut jantung, jangan ragu untuk segera pergi ke rumah sakit.
  • Mati rasa pada wajah
    Jika Anda merasa mati rasa pada sebagian wajah Anda atau merasa otot-otot wajah (termasuk mulut) tidak bisa ditarik sesuai keinginan Anda, maka itu pertanda stroke.

Segera hubungi dokter atau bawa penderita ke rumah sakit jika salah satu atau beberapa gejala di atas timbul mendadak. Jangan sampai gejala bertambah parah dan stroke menyerang.

Stres dan makanan adalah hal yang sangat berhubungan. Stres kerap terkait dengan makan berlebih, berat badan bahkan obesitas. Hal-hal itu berkaitan dengan asupan gula yang berlebih.