Ketahui Gejala Kanker Dengan Cepat

Dokter Sehat – Setiap orang menganggap bahwa penyakit kanker merupakan jenis penyakit yang mematikan baik bagi pria maupun wanita, tidak sedikit orang yang divonis terserang penyakit kanker lantas kehilangan semangat hidupnya. Betapa tidak, data menunjukkan bahwa di negara maju sekelas Amerika Serikat (AS) saja yang sudah memiliki peralatan kedokteran super canggih sekalipun, penyakit ini menjadi penyebab kematian nomor dua setelah penyakit jantung.



Ada banyak sekali jenis-jenis penyakit kanker dengan penyebab yang berbeda-beda pada setiap orang, berbagai penelitian untuk mengetahui gejala, jenis maupun cara pengobatannya terus dilakukan sampai kini. Tidak kurang dari ratusan miliar dollar telah dikeluarkan untuk membiayai penelitian tersebut sejak medio 1970-an. Namun, semakin getol penelitian dilakukan yang dibarengi dengan semakin canggihnya alat kedokteran untuk mengobatinya, ternyata berbanding lurus dengan perkembangan jenis dan kompleksitas penyakit kanker sendiri.

Para penderita kanker  sering kali tidak mengetahui jika dirinya sedang terserang kanker, padahal gejala kanker cukup mudah diamati. Gejala kanker dapat dilihat dari yang paling mudah sampai yang sedikit lebih rumit, gejala kanker yang mudah diamati tentu yang gampang untuk dilihat oleh mata telanjang seperti yang terdapat pada permukaan kulit.

Sedangkan yang lebih rumit jika gejala kanker itu terdapat dalam tubuh, sehingga diperlukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan apakah gejala-gejala tersebut memang mengarah pada kanker. Kanker sendiri merupakan penyakit yang sangat banyak jenisnya, tercatat ada lebih dari 200 jenis kanker yang masing-masing memiliki gejalanya sendiri. Tentu hal ini sangat merepotkan jika harus mengenalinya satu persatu.

Namun paling tidak, sedikitnya Anda harus mengerti beberapa gejala kanker agar bisa mewaspadai jika gejala tersebut terjadi pada Anda atau orang-orang di sekitar Anda. Harapannya, deteksi dini kanker dapat dilakukan sehingga cepat dapat diobati. Secara sederhana, gejala kanker dapat dibedakan menjadi dua yaitu gejala kanker yang dapat dilihat dan gejala kanker yang sulit dilihat.

Gejala kanker yang mudah dilihat

Gejala kanker yang mudah dilihat adalah yang timbul di permukaan atau gejalanya mudah dirasakan. Sebagai contoh pada gejala kanker payudara, akan muncul benjolan pada payudara. Jelas hal ini mudah dilihat dan dirasakan, oleh sebab itu, selalu memeriksa bagian-bagian tubuh yang rawan diserang kanker amat penting supaya sejak dini gejala kanker cepat terdeteksi.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Kanker Sarkoma Kaposi

Gejala kanker yang juga mudah dilihat seperti ketika keluarnya darah pada air seni, ini biasanya berhubungan dengan gejala kanker di organ penghasil urin. Seperti halnya juga jika seseorang mengalami batuk darah, ini sangat mungkin merupakan gejala kanker paru-paru.

Contoh gejala-gejala kanker lainnya yang mudah dilihat seperti saat seseorang sulit menelan sesuatu, bisa jadi ini merupakan gejala kanker esofagus. Demikian juga jika terjadi perubahan kulit yang mencolok, hal ini mungkin merupakan gejala kanker kulit. Gejala-gejala kanker lainnya yang mudah diamati seperti ketika buang air seni tidak lancar, mungkin ini merupakan gejala kanker prostat.

Gejala kanker yang tidak mudah di lihat

Sedangkan gejala kanker yang tidak mudah dilihat biasanya berhubungan dengan organ dalam tubuh manusia, contohnya jika terjadi perdarahan pada rektum. Hal ini mungkin merupakan indikasi atau gejala kanker usus besar yang banyak menimpa orang tua.

Contoh gejala kanker yang juga tidak mudah dilihat jika diawali oleh sakit lainnya. Misalnya, seseorang yang menderita anemia atau kekurangan gizi mungkin sebenarnya sedang mengidap kanker usus. Gejala kanker seperti ini tidak mudah dikenali sebab sangat mungkin penderitanya hanya menganggapnya sebagai penyakit biasa, padahal, hal itu hanya merupakan gejala atau indikasi awal dan di belakangnya tersimpan penyakit yang lebih berbahaya yaitu kanker.

Gejala kanker yang jenisnya mirip seperti anemia dan kekurangan zat besi ini adalah penurunan berat badan dan kehilangan nafsu makan, baik penurunan berat badan maupun kehilangan nafsu makan sebenarnya mudah dikenali, tetapi pada umumnya orang akan banyak menyepelekannya dan hanya menganggapnya sebagai hal yang biasa. Padahal jika tidak diwaspadai siapa tahu justru hal itu merupakan gejala awal dari kanker.

Untuk itu, penting untuk segera memeriksakan diri jika melihat gejala-gejala kanker di atas hinggap di tubuh Anda, pemeriksaan kanker secara dini yang diikuti pengobatan kanker secara cepat dapat menyelamatkan jiwa seseorang.