Ketahui Efek Buruk Kurang Tidur

DokterSehat.Com – Semua orang yakin, tidur sangat penting untuk menunjang kesehatan. Bahkan para ahli kecantikan menyatakan, tidur yang cukup bisa membuat wanita terlihat cantik. Nah, bagaimana dengan mereka yang memiliki kebiasaan begadang, terutama bagi wanita, karena pengaruh kurang tidur bagi kesehatan tidak bisa diremehkan.

3

Mengantuk bisa menjadi pemicu sulit berkonsentrasi. Sementara kebiasaan tidur yang buruk, menciptakan ketidakseimbangan hormon. Menurut peneliti, orang yang kekurangan tidur untuk waktu yang lama bisa memunculkan kondisi tubuh yang  tidak sehat bahkan bisa membuat penampilan jadi kurang menarik. Selain itu, ada lagi efek buruk yang ditimbulkan karena kurang tidur, apa saja itu?

Berikut ini efek buruk kurang tidur :

  1. Konsentrasi menurun
    Bila Anda tidak memiliki cukup waktu tidur, salah satu gejala pertama yang harus diperhatikan adalah kesulitan untuk fokus. Pikiran Anda pun serasa sering melayang. Dan yang lebih fatal lagi, kurang tidur, juga bisa membuat seseorang sulit mengambil keputusan.
  1. Membahayakan nyawa
    Ini bisa menjadi masalah serius dalam beberapa pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi penuh. Apalagi jika Anda bekerja dengan mengemudikan kendaraan tanpa sopir. Tentu bukan hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga bisa menjadi petaka untuk orang lain.
  1. Ingatan lemah
    Kemampuan Anda untuk belajar dan menyimpan informasi baru sudah pasti akan terganggu jika tubuh kurang istirahat. Untuk itu, butuh waktu istirahat yang cukup, jika tak mau lambat laun Anda menjadi orang yang mudah pikun.
  1. Mudah emosi
    Pernah mendengar bos sering marah-marah? Bisa jadi bahwa dia tidak cukup tidur. Jika Anda tidak mendapatkan dosis dari tidur malam yang baik, Anda pun  akan bangun di pagi hari dalam suasana hati yang buruk. Ini persis sama dengan anak-anak jika mereka tidak mendapatkan tidur siang. Anak-anak yang tidak pernah tidur siang, mereka menjadi mudah marah dan cengeng.