Ketahui Ciri-Ciri Hamil Kembar Sejak Dini

DokterSehat.com – Kehamilan kembar menjadi kebahagian tersendiri bagi calon ibu beserta keluarganya. Layaknya kehamilan tunggal, hamil kembar juga membutuhkan perhatian yang intensif.



Kehamilan kembar dinilai lebih berisiko ketimbang kehamilan tunggal, meski begitu calon ibu tidak perlu khawatir, kehamilan dan persalinan akan berjalan lancar bila selama masa kehamilan ibu hamil rajin memeriksakan kandungan dan mematuhi segala anjuran dari tenaga kesehatan.

Tanda-Tanda Hamil Kembar

Orang tua yang memiliki riwayat kembar kemungkinan besar akan mengalami kehamilan ganda ini. Untuk mengetahui kondisi kehamilan Anda, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan. Berikut ini tanda-tanda kehamilan kembar yang bisa Anda amati.

1. Muntah-muntah atau morning sickness yang lebih parah. Kondisi ini dipengaruhi oleh kadar hormon hCG yang meningkat dua kali lipat dibanding kehamilan tunggal.

2. Pada trimester pertama berat badan meningkat cepat, kondisi ini bisa mengindikasikan bahwa ada lebih dari satu janin dalam kandungan.

3. Pada trimester kedua, Anda akan kesulitan bernapas, pembengkakan pada tangan dan kaki, pembesaran rahim yang tidak normal, anemia, cepat lelah, payudara membengkak, dan sering buang air kecil.

4. Rahim akan terus membesar seiring bertambahnya usia kehamilan. Pada kehamilan kembar rahim akan terleihat lebih besar dibanding kehamilan tunggal.

5. Meningkatnya kadar AFP (alpha fetoprotein).

6. Adanya dua detak jantung yang terpisah hingga usia kehamilan 12 minggu. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan USG.

Pemeriksaan dengan USG dapat dilakukan sejak awal kehamilan. Bahkan jumlah embryo dan detak jantung janin yang kuat bisa dilihat 6 minggu sejak hari pertama menstruasi berakhir.

Perlakuan Terhadap Kehamilan Kembar

Perawatan kehamilan kembar tidak jauh beda dengan kehamilan tunggal. Ibu hamil dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secar rutin agar terhindar dari komplikasi yang muncul pada kehamilan kembar. Ibu hamil kembar dianjurkan untuk memeriksa kehamilan minimal 4 kali ke dokter kandungan atau bidan selama kehamilan.

Baca Juga:  Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Kehamilan kembar akan lebih sering melakukan kunjungan Antenatal Care agar kehamilan berjalan lancar sesuai saran dan petunjuk dokter atau bidan. Selain itu, perhatikan pula asupan makanan selama masa kehamilan. Konsumsilah makanan bergizi terutama yang mengandung zat besi dan asam folat. Selain itu, perhatikan pula jam istirahat Anda, usahakan Anda cukup tidur setiap harinya. Lakukan relaksasi dan senam hamil seijin dokter atau bidan. Melakukan yang terbaik selama kehamilan akan berdampak baik pula pada janin Anda.

Dari berbagai sumber