Ketahui Cara Rahasia Anti Sakit

DokterSehat.Com – Nikmat dan anugerah yang paling sering kita sepelekan dari Tuhan yaitu kesehatan. Kita sendiri jarang bersyukur atas kesehatan yang kita miliki. Bentuk bersyukur paling sederhana adalah dengan mengubah pola hidup menjadi sehat, dan sudah pasti tentu ada resep rahasia hidup sehat yang perlu Anda lakukan.



Berikut ini beberapa cara untuk bebas dari penyakit :

  • Istirahat dan tidur yang cukup
    Jumlah tidur yang baik adalah enam sampai delapan jam setiap harinya. Dengan istirahat yang cukup maka Anda akan terhindar dari risiko darah tinggi, depresi dan peradangan. Selain itu tidur tepat waktu akan menjaga daya ingat Anda.
  • Terbiasa mencuci tangan
    Cobalah untuk mencuci tangan dengan sabun biasa dan air hangat setidaknya selama 20 detik. Kebiasaan sederhana ini akan menghindarkan Anda tertular flu. Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda.
  • Berpikir positif
    Penelitian yang dilakukan di Carnegie Mellon University menemukan bahwa orang-orang dengan pandangan positif menjadi jarang sakit dan lebih tahan terhadap penyakit. Mereka yang tidak selalu berpikir positif dan memiliki sikap negatif dapat menderita stres dan ketegangan. Terlalu banyak ketegangan dan stres merupakan faktor yang berkontribusi terhadap banyak penyakit yang mengancam jiwa seperti hipertensi, diabetes, masalah jantung dan lain-lain.
  • Makan buah segar dan sayuran
    Salah satu aspek yang paling penting dari diet yang sehat adalah makan berbagai buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayuran berwarna cerah merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin dan mineral serta antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Cobalah untuk makan banyak makanan dalam keadaan belum diolah, beberapa buah-buahan dan sayuran yang Anda bisa makan dalam bentuk alami antara lain kubis, apel, paprika kuning dan merah, pepaya, bayam, tomat dan banyak lainnya.
  • Latihan fisik
    Latihan fisik atau berolahraga setidaknya setengah jam setiap hari akan menghindarkan Anda dari sakit. Jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk pergi ke gym, Anda dapat mencoba berlari, jogging atau bersepeda di sekitar tempat tinggal Anda setiap harinya. Selain itu olahraga juga dapat mengurangi risiko masalah kesehatan seperti kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, stroke, demensia dan depresi.

Dengan tips, pola, dan resep hidup sehat, Anda akan terhindar dari rasa sakit. Selamat mencoba dan marilah kita menjalankan hidup sehat agar lebih bahagia bersama keluarga tercinta.