Ketahui Cara Pemasangan Behel Gigi

DokterSehat.Com – Behel gigi, mungkin bagi Anda yang memiliki masalah dengan struktur gigi akan membutuhkan ini. Perkembangan teknologi kedokteran sekarang memungkinkan orang untuk memperbaiki struktur gigi mereka, dari yang sebelumnya tidak rapi menjadi lebih teratur. Dengan struktur gigi yang diperbaiki, otomatis struktur wajah seseorang juga akan lebih baik dibandingkan sebelumnya. Itu karena memang gigi berada di daerah wajah, dan tentu saja memiliki efek langsung.



Oleh karena itu, pemasangan behel gigi sekarang cukup menjadi favorit, karena banyak orang berlomba-lomba ingin mendapatkan wajah yang sempurna. Selain untuk keperluan kosmetik, dengan memiliki struktur gigi yang baik otomatis Anda akan lebih mudah mengunyah makanan dan makanan terkunyah dengan baik, yang berarti efek positif bagi sistem pencernaan Anda.

Behel gigi ini sama saja dengan kawat gigi, behel merupakan bahasa Belanda, dikenal juga dengan nama lain braces. Sekarang Anda tidak akan mengalami kesulitan jika ingin memasang behel gigi, karena sudah banyak dokter gigi yang menerima. Bahkan di kota besar Anda juga dapat menemukan klinik yang khusus menangani ini. Namun tentunya untuk masalah biaya, mungkin Anda harus menyiapkan agak banyak, karena pemasangan behel gigi tidaklah murah. Apalagi jika kontur gigi Anda banyak yang kurang rapi dan membutuhkan perawatan yang lebih lama.

Mengapa perlu memasang behel gigi?

Mengapa bagi Anda yang memiliki struktur gigi tidak rapi harus memasang behel gigi? Itu demi kesehatan Anda sendiri, jadi bukan hanya demi kecantikan atau wajah yang sempurna saja. Struktur gigi yang tidak rapi atau tak terstruktur dengan baik akan membuat Anda kesulitan dalam membersihkan sisa makanan yang terselip di gigi sesudah makan.

Baca Juga:  Keluar Darah Lagi Setelah Seminggu Selesai Haid

Begitu pula seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, struktur gigi yang kurang baik akan mempengaruhi mekanisme mengunyah Anda, pengucapan ketika berbicara juga akan ikut terpengaruh. Dan sisanya pola gigi yang buruk akan membuat Anda menjadi kurang percaya diri, khususnya ketika bertemu dan berbicara dengan orang lain, begitu pula dengan rekanan bisnis.

Jenis-jenis behel

Anda sebelum memasang kawat gigi harus mengetahui ada apa saja jenis-jenis bahan untuk membuatnya. Berbeda bahan harga yang dipatok tentu juga akan berbeda, dan efek yang berbeda juga akan Anda rasakan, untuk efeknya mungkin ada baiknya jika Anda konsultasikan kepada dokter gigi yang menangani Anda. Behel gigi ada yang dibuat dari bahan metal, transparan atau clear. Untuk yang dari clear, bahannya bisa dari porselin, composite ataupun plastik.

Biasanya akan membutuhkan perawatan orthodentik berkala oleh dokter gigi yang memasang behel gigi Anda. Akan digunakan removable appliance untuk melepas behel gigi permanen tersebut, dan terkadang juga menggunakan fix appliance atau alat cekat, maupun gabungan keduanya.

Ketika dalam perawatan menggunakan behel gigi, Anda sebaiknya merawat gusi dan kesehatan gigi Anda. Selain rajin membersihkan sisa makanan, Anda pun bisa mengonsumsi bahan herbal yang bisa membantu menyehatkan gigi dan gusi, misalnya bawang putih.

Dengan kandungan senyawa antiseptik yang dimiliki bawang putih, maka bawang putih bisa membantu menjaga kesehatan gigi Anda. Antiseptik dalam bawang putih akan membunuh bakteri dan kuman penyebab seseorang mengalami sakit gigi. Cukup ambil 1 siung bawang putih lalu bersihkan, tempatkan pada gigi yang sakit atau berlubang. Sesudahnya bersihkan menggunakan air hangat.