Ketahui Bahaya Kesepian Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Kesepian dan sendirian adalah dua hal yang berbeda. Orang yang sendirian tidak selalu merasa kesepian. Seseorang bisa sendirian untuk jangka waktu lama dan tetap menikmati kegiatan-kegiatan yang dilakukannya tanpa merasa kesepian sama sekali. Namun tidak semua orang bisa tahan saat sendirian saja. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata sendirian menyiratkan keadaan seorang diri atau terpisah dari orang-orang lain, tetapi tidak menyiratkan kesedihan akibat sendiri.



Sedangkan kata kesepian seringkali menyiratkan perasaan sunyi atau kepedihan akibat keadaan sendirian. Orang yang kesepian sangat mendambakan kehadiran seseorang yang dengan tulus mengasihinya sehingga ia bisa terhibur dan kembali ceria. Perasaan kesepian bisa menjadi begitu kuatnya hingga terasa menyakitkan. Orang yang merasakannya dapat merasa kosong dan dijauhi orang lain sehingga merasa tidak berdaya dan tidak berguna.

Penyebab kesepian

Beragam situasi, kondisi, dan problem memengaruhi orang-orang. Ada yang merasa dikucilkan oleh teman-temannya akibat penampilan, ras, budaya, atau agamanya berbeda. Yang lain harus pindah tempat tinggal ke wilayah, kota, atau negeri lain sehingga harus meninggalkan teman-teman lama. Bagi yang kehilangan orang yang dicintainya, misalnya orang tua atau teman hidup, bisa merasakan kesepian sampai bertahun-tahun.

Dan usia tua juga dapat menimbulkan kesepian, karena teman-teman, kenalan, dan kerabat yang semakin berkurang. Orang yang sudah menikah pun tidak dijamin bisa bebas dari rasa kesepian. Ini khususnya terjadi apabila kedua belah pihak sering salah paham dan tidak ada kecocokan.

Bahaya kesepian

Orang-orang yang merasa kesepian cenderung mengalami lebih banyak problem kesehatan fisik maupun mental daripada mereka yang jarang kesepian dan sering berinteraksi dengan orang lain. Hal ini dikemukakan oleh Bruce Rabin, seorang direktur Program Lifestyle di University of Pittsburgh Medical Center.

Berikut adalah dampak buruk bahaya kesepian bagi kesehatan :

  • Kesepian bisa bikin cepat meninggal
    Rasa kesepian yang berlarut-larut memang berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Bahkan hal itu dapat mempercepat kematian Anda! Berbagai riset menunjukkan bahwa orang-orang yang sendirian dan merasa kesepian memiliki peningkatan risiko kematian dini sebesar 30 persen.
  • Penurunan system kekebalan tubuh
    Penelitian tahun 2013 oleh Ohio State University memperlihatkan bahwa seseorang yang kesepian cenderung memiliki sistem imunitas tubuh yang lebih lemah. Mereka jadi lebih rentan mengalami peradangan yang terkait dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung, artritis, diabetes tipe 2, serta penyakit alzheimer.
  • Penyakit jantung
    Sebuah riset di Harvard pada tahun 2012 memperlihatkan bahwa orang dewasa yang hidup sendirian dan merasa kesepian memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak 24 persen. Rabin mengatakan bahwa orang yang tidak mendapatkan dukungan sosial seringkali gampang stres dan hal tersebut meningkatkan risikonya untuk terserang penyakit jantung.
  • Depresi
    Rasa kesepian rentan membuat seseorang merasa pedih hati. Semakin ia larut dalam keadaan bersedih, semakin besar juga kemungkinannya mengalami depresi. Bruce Rabin mengungkapkan bahwa keadaan kesepian memicu pengaktifan hormon otak yang berkaitan dengan stres, misalnya kortisol, sehingga sanggup menimbulkan depresi. Salah satu cara mengatasi depresi ialah dengan aktif berinteraksi sosial dengan orang lain.