Ketahui Bahaya Asam Urat Dari Sekarang

Dokter Sehat – Ada beberapa orang yang menganggap asam urat adalah penyakit ringan yang dapat dengan mudah disembuhkan, hal ini disebabkan oleh gelaja awal penyakit asam urat yang ditandai dengan rasa nyeri yang akan hilang dengan sendirinya. Karena rasa nyerinya hanya terjadi sebentar saja, banyak yang menganggap bahwa penyakit ini tidak perlu diobati. Padahal, Anda seharusnya berhati-hati terhadap penyakit ini dan ketahui bahaya asam urat yang sebenarnya. Anda harus tahu bahwa semua penyakit bisa berakibat buruk jika tidak ditangani dengan baik dan cepat, termasuk penyakit asam urat ini yang bisa sangat berbahaya jika Anda tidak melakukan pengobatan secepatnya.

13

Bahaya asam urat yang paling banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia adalah rasa sakit pada bagian persendian terutama bagian lutut dan jari kaki, pada tingkat penyakit yang masih rendah, rasa nyeri ini biasanya muncul di pagi hari saat bangun tidur dan akan hilang dengan sendirinya saat telah melakukan banyak aktivitas. Namun, Anda harus ingat bahwa penyakit asam urat dapat berkembang dan ketahui bahaya asam urat saat kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi dalam kurun waktu yang cukup lama. Rasa sakit pada sendi disebabkan oleh pembentukan kristal urat akibat pengendapan asam urat tinggi. Jika dibiarkan berlarut-larut, kristal yang terbentuk akan menjadi semakin besar dan menyebabkan masalah sendi yang cukup hebat. Hal ini biasanya ditandai dengan bengkak kemerahan yang sangat sakit rasanya.

Ada kalanya asam urat tidak menyebabkan nyeri persendian tetapi bukan berarti asam urat ini tidak berbahaya, ketahui bahaya asam urat yang bisa menyebabkan gagal ginjal. Ginjal yang rusak sehingga tidak dapat berfungsi lagi dapat disebabkan oleh adanya batu ginjal yang disebabkan oleh asam urat tinggi, jika tidak dilakukan pengobatan terhadap asam urat tinggi, penyakit batu ginjal dapat berubah menjadi gagal ginjal yang mengharuskan penderita untuk cuci darah seumur hidup atau melakukan transplantasi ginjal. Hal ini tentu sangat tidak diinginkan oleh semua orang.

Baca Juga:  Terapi Binahong untuk Berbagai Jenis Penyakit

Setelah Anda mengetahui bahaya asam urat, kini saatnya Anda melakukan sesuatu untuk mempertahankan keseimbangan asam urat dalam tubuh Anda. Yang bisa Anda lakukan adalah mengkonsumsi madu hitam pahit yang berkhasiat untuk penyakit asam urat, mungkin Anda sudah mengetahui bahwa madu hitam pahit adalah obat alami untuk berbagai penyakit termasuk diabetes mellitus, asma, dan maag. Ternyata, madu hitam pahit ini juga dapat membantu kerja ginjal dalam membersihkan tubuh dari asam urat berlebih. Oleh karena itu, jika Anda merasakan nyeri sendi atau dokter telah memastikan bahwa Anda memiliki asam urat tinggi, segeralah Anda mengkonsumsi madu hitam pahit. Jika Anda mengalami komplikasi dengan diabetes mellitus, madu hitam pahit dapat membantu Anda untuk mengatasi komplikasi tersebut dikarenakan kandungan gula rendah dan khasiat lainnya yang luar biasa untuk kesehatan manusia secara keseluruhan.

Penyebab asam urat

Penyakit asam urat digolongkan menjadi penyakit what gout is primer dan penyakit what gout is sekunder.

Pada penyakit what gout is primer, 99 persen penyebabnya belum diketahui (idiopatik). Diduga berkaitan dengan kombinasi faktor genetic dan faktor hormonal yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat atau bisa juga diakibatkan karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari tubuh.

Penyakit what gout is sekunder disebabkan antara lain karena meningkatnya produksi asam urat karena nutrisi, yaitu mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Purin adalah salah satu senyawa basa organically grown yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk meat.

Produksi asam urat meningkat juga bisa karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, health food B12). Penyebab lainnya adalah obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi. Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya terdapat kadar benda-benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi, benda-benda keton yang meninggi akan menyebabkan asam urat juga ikut meninggi.