Kesulitan BAB Waspada Kanker Usus!

DokterSehat.Com – Bila Anda sering susah buang air besar, sering sakit perut atau sembelit sebaiknya waspada. Bisa jadi gangguan yang Anda alami merupakan salah satu bentuk gejala kanker usus besar atau kanker kolorektal.

5

Seperti diungkap Dr Adil Pasaribu, Sp.B.KBD, dokter spesialis bedah kanker dari RS Dharmais Jakarta, sebagian orang saat ini mengabaikan gejala sakit perut, susah buang besar dan perubahan siklus buang air besar. Padahal, gejala-gejala itu merupakan bagian dari pertanda adanya penyakit kanker kolorektal.

Kita bisa mendeteksi dari feses atau kotoran. Bila kotoran yang keluar berwarna darah atau hitam. Dan bila suatu saat mengalami hal itu, itu sudah tanda-tanda. Segeralah langsung datang ke dokter untuk memastikan apakah kondisi itu akibat tumor yang berkembang di dalam usus, katanya dalam acara yang bertema Updates & Strategies Emergency Colonic Surgery di RS. MRCCC Siloam Hospital Semanggi, lantai 36, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10/2013).

Bila seseorang memiliki riwayat keluarga mengalami kanker disarankan untuk melakukan screening sejak dini untuk bisa mencegah sel kanker muncul di masa depan.

Bila orangtua kita memiliki riwayat kanker, disarankan untuk seseorang, meski masih muda, melakukan pemeriksaan sejak dini. Pasalnya, faktor risiko ia bakal mengidap kanker usus besar sangat tinggi dibanding orang normal, terangnya.