Kesuburan Pria Juga Harus Diperhatikan

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berkata jika mereka tidak perlu mengkhawatirkan kesuburan dan organ vital mereka mengingat kesuburan pria memang memiliki usia yang sangat panjang jika dibandingkan dengan wanita. Sayangnya, anggapan ini ternyata tidak benar adanya karena ternyata jika pria tidak mampu menjaga gaya hidup dan pola makanan yang sehat, maka bisa jadi kesuburan pria pun akan terpengaruh dan memburuk. Apa sajakah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesuburan pria?

doktersehat-sperma-air-mani

Banyak pria yang kurang menjaga berat badannya, khususnya setelah menikah karena secara psikologis pria biasanya merasa lebih nyaman dengan kehidupannya setelah menikah. Tahukah anda, berat badan yang kurang ideal ternyata juga bisa mempengaruhi kesuburan pria. Untuk menjaga jumlah sperma dan juga kadar hormon testosteron tetap dalam kondisi baik, maka berat badan harus dijaga pada level ideal. Disamping berat badan, pria yang mendapatkan istirahat malam dengan cukup dan sehat juga bisa mempengaruhi kesuburan organ vitalnya. Hal ini berarti pria sebaiknya tidak terlalu sering begadang, apalagi jika begadang dikarenakan karena bekerja yang tentu bisa menambah stress. Stress tanpa disadari bisa mempengaruhi kesuburan dan bahkan membuat disfungsi pada organ intim pria. Hal ini berarti pria harus pandai-pandai menjaga pikirannya agar tetap segar dan tenang. Melakukan olahraga, setidaknya dua kali dalam seminggu diyakini dapat mengurangi stress sekaligus menjaga stamina pria.

Asupan makanan juga sebaiknya diperhatikan oleh kaum pria mengingat gaya hidup modern bisa membuat tubuh menyerap lebih banyak racun. Makanan layaknya sayur dan air putih setidaknya delapan gelas per hari akan membuat racun tersebut keluar dari tubuh manusia dan menjaga kesehatan organ intim tubuh. Kurangi pula asupan beracun layaknya rokok, minuman beralkohol, atau bahkan makanan cepat saji.

Baca Juga:  Gatal Pada Rambut Kemaluan, Apa Penyebabnya?

Dunia modern membuat pria sering menggunakan gadget untuk kebutuhan sosial atau pekerjaan. Sayangnya, gadget khususnya telepon genggam yang dipakai dekat dengan paha ternyata bisa mengurangi kesuburan pria. Jangan letakkan telepon genggam pada saku celana dan jangan pangku laptop di paha agar kesuburan pria pun akan tetap terjaga dalam kondisi sehat.