Kesepian Sebabkan Penyakit Mudah Menyerang

Doktersehat.com – Lazimnya suatu penyakit disebabkan oleh infeksi virus atau kondisi cuaca yang tidak mendukung. Tapi kini sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa kesepian dapat menyebabkan turunnya kekebalan tubuh seseorang. Dengan daya tahan tubuh yang lemah otomatis penyakit menjadi lebih mudah menjangkiti.



Penelitian yang dilakukan di Institute for Behavioral Medicine Research di Ohio State University, Amerika Serikat menunjukkan adanya hubungan antara kesepian dengan sistem kekebalan tubuh seseorang. Studi ini juga mengamati sekelompok penderita kanker payudara dan diabetes.

Hasil penelitian menunjukkan adanya kadar sitokin dalam tubuh penderita diabetes dan kanker payudara. Kandungan sitokin dalam tubuh dapat mempengaruhi peningkatan kadar protein terkait inflamasi yang dapat menyebabkan alzheimer, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Pada penderita kanker payudara dan diabetes, mereka akan merasa kesepian karena terisolasi secara sosial. Hal ini kemudian berdampak pada daya tahan tubuh mereka.

Menurut Lisa Jaremka, kesepian dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan kesehatan seseorang. Selain itu, penyakit herpes juga merupakan penyakit yang dapat menyebabkan seseorang menjadi merasa kesepian dan stres. Kesepian berkaitan dengan peradangan antibodi tubuh. Oleh karenanya, jangan sampai kesepian merusak sistem kekebalan tubuh Anda.

Sumber: okezone.com